Madiun

Tugu Lalu Lintas di Perempatan Tugu Madiun Diganti

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tugu lalu lintas di perempatan Tugu yang dipasang pertengahan tahun lalu menghilang. Bukan tanpa sebab, tugu itu memang sengaja dipindah. Kini diletakkan di pertigaan Jalan Diponegoro Timur, tepatnya di depan Bank Daerah Kota Madiun.

Sebagai pengganti, Pemkot Madiun menyiapkan tugu lalu lintas berukuran raksasa di perempatan Tugu yang diperkirakan terpasang dua pekan mendatang. Kabarnya tugu berbahan tembaga itu didatangkan dari Boyolali. Dikerjakan seniman ternama dari Kota Susu. Rencananya tugu berwarna otentik menyerupai tembaga untuk menghadirkan nuansa tempo dulu. Anggaran yang digelontorkan sekitar Rp 200-an juta. ‘’Diharapkan penanda sejarah itu (perempatan Tugu, Red) disatukan porosnya di situ,’’ kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Totok Sugiarto, Selasa (6/4).

Selain sebagai landmark, Totok menyebut keberadaan tugu lalu lintas itu sekaligus menjadi penanda empat unsur historis perempatan Tugu. Yakni, tugu nol kilometer yang berada di sekitaran lokasi, lampu lalu lintas, tugu tiang listrik, serta menara pengintai yang saat ini digunakan toko sepatu di pojok perempatan. Empat unsur itu dipadukan menjadi tugu lalu lintas. ’’Semakin melengkapi jalur pedestrian dari Balai Kota sampai perempatan Tugu sebagaimana instruksi Pak Wali (Wali Kota Madiun Maidi, Red),’’ ujarnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button