Madiun

Tugu Baru Sebagai Penanda Ikon Nol Kilometer Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tugu lalu lintas di perempatan Tugu, Kota Madiun berganti baru pada Minggu malam (18/4). Tugu berbahan tembaga itu didatangkan dari Boyolali dan dikerjakan oleh seniman ternama dari Kota Susu tersebut.

Pergantian tugu baru setinggi 7,5 meter dengan lebar dua meter itu diketahui menelan anggaran sekitar Rp 200-an juta. Selain sebagai landmark, keberadaan tugu lalu lintas itu sekaligus menjadi penanda empat unsur historis perempatan Tugu. Yakni, tugu nol kilometer yang berada di sekitaran lokasi, lampu lalu lintas, tugu tiang listrik, serta menara pengintai yang saat ini digunakan toko sepatu di pojok perempatan tersebut.

Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas RTH, PJU, dan Pemakaman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Jemakir mengatakan tugu dilengkapi traffic light di bagian atasnya. Ukurannya setinggi orang dewasa, sekitar dua meter. Untuk mengaktifkan butuh support dari dinas perhubungan (dishub) setempat. Ukuran tersebut sudah proporsional dengan luas simpang empat serta lebar jalan. ‘’Sekarang lebih representatif dengan ukuran yang lebih besar,’’ ujarnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button