Madiun

TTBM Madiun Tambah Tugas Pasok SPBU di Jalur Tol

MADIUN – Pekerjaan berat menanti terminal bahan bakar minyak (TBBM) Madiun. Ini untuk kepastian stok bahan bakar minyak (BBM) terpenuhi selama Lebaran. Jika tahun lalu hanya memenuhi kebutuhan BBM jalur reguler, tahun ini TBBM dituntut memenuhi kebutuhan BBM untuk jalur tol. ’’Perubahannya dibandingkan dengan tahun lalu ya itu, kita sekarang ada tol. Jalur reguler tetap kita maksimal,’’ kata Operation Head Imran Jamil ditemui Radar Madiun Senin (27/5).

Imran mengatakan, ada empat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur tol fungsional. Ditambah lima titik SPBU modular plus dipersiapkan khusus untuk tol sejak 20 Mei lalu. Mengantisipasi stok BBM di SPBU tersebut, masih ada dua unit mobile dispenser (ILOT TAKE OVER) dapat bergerak mobile dengan kapasitas 18.000 liter dan 16.000 liter. ’’Mobile dispenser dua unit. Kalau modular itu kayak SPBU kantong tapi dia mobile (berpindah),’’ ujarnya.

Total ada 112 SPBU di eks Karesidenan Madiun. Sebagian Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek ditambah 4 SPBU di jalur tol dipastikan  diminta  beroperasi 24 jam . Sebab, dipastikan permintaan meningkat selama mudik Lebaran sampai arus balik nanti. Termasuk lonjakan signifikan dari jalur tol. ’’Kenaikan BBM selama Lebaran 10-15 persen. Karena tahun ini baru ada tol kita belum tahun nih perkembangannya,’’ bebernya.

Pertamina menjamin kebutuhan BBM di wilayah kerjanya aman. Kapasitas untuk premium dan solar rata-rata 4 juta liter. Sedangkan pertamax sekitar 3.500.000 liter. Bukan hanya itu, sedikitnya ada lebih dari 150 pegawai yang akan bersiaga. Diprediksi, permintaan tinggi di H-3 sampai dengan H+ Lebaran. ‘’Untuk tolnya kami push dari pagi sampai malam. Kalau jalur reguler tetap kami maksimalkan khususya di jalur mudik,’’ jelasnya.

Lanjutnya, sesuai arahan dari pusat perintahnya koordinasi aktif dan efektid dengan stake holder terkait, perbankan, pengusaha, TNI, Polri semuanya dirangkul. ‘’Penerimaan dan penyaluran aman saya yakin tidak ada masalah. Selasa akan ada kunjungan forkopimda di sini (TBBM) Madiun,’’ pungkasya. (dil/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button