Pacitan

Truk Muatan Pupuk Tergelincir di Jurang Grindulu, Satu Tewas

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Malang nian nasib Yoyok Supriyadi. Truk tronton yang dikemudikannya terjerumus ke dalam jurang sedalam 50 meter Rabu (19/5). Nyawa sopir asal Jepangkis, Jati, Kudus, Jawa Tengah, itu melayang seketika akibat luka serius di kepala.

Rem truk Hino L 8859 UN itu diduga blong. Tak sanggup menahan luncuran bodi yang mengangkut ratusan karung pupuk Phonska seberat 30 ton. Akhirnya menabrak pembatas jalan di bibir jurang. ‘’Diduga sopir tak bisa mengendalikan laju kendaraan karena remnya blong,’’ kata Kanitlaka Lantas Polres Pacitan Amrih Widodo.

Laka tunggal di dasar jurang masuk Dusun Dagen, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, itu berlangsung sekitar pukul 06.00. Sebelum celaka di jalur Ponorogo-Pacitan, truk tronton hijau itu sedianya hendak berkirim pupuk dari Gresik ke Pacitan. Setelah terguling beberapa kali hingga ke dasar jurang, ratusan karung pupuk tumpah ruah di dasar Sungai Grindulu. ‘’Korban berhasil kita evakuasi beberapa jam setelah kecelakaan,’’ paparnya.

Hingga hari ini (20/5) bodi truk dan pupuk masih berserakan di dasar jurang. Tidak mudah mengevakuasi material berat dari jurang sedalam puluhan meter tersebut. ‘’Truknya remuk, karung pupuknya banyak yang sobek. Nanti kita datangkan alat berat. Mungkin dua hari lagi baru bisa kita evakuasi,’’ terangnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button