Pacitan

Tri Winarto dan Bharatu David, Duo Penjaga Pantai Teleng Ria

Jangkau Pengunjung Nyaris Tenggelam dengan Papan Surfing

Mempertaruhkan keselamatan diri untuk nyawa orang lain. Tugas itu dilakoni Tri Winarto dan Bharatu David. Keduanya penjaga wisatawan Pantai Teleng Ria.

=========================== 

SRI MULYANI, Pacitan, Jawa Pos Radar Pacitan

KEHADIRAN sosok Tri Winarto dan Bharatu David di Pantai Teleng Ria tidak untuk menikmati pasir putih atau buih ombak. Keduanya harus lebih awas ketika menyadari gelombang laut sedang tinggi. Kadang kala peluit panjang dibunyikan ketika  mengetahui ada pengunjung abai dengan imbauan. ‘’Misalnya, berenang terlalu ke tengah,’’ kata Tri.  

Tri adalah lifeguard di Pantai Teleng Ria. Pekerjaan itu menuntut adanya ketanggapan. Baik ketika mengetahui ada wisatawan hanyut terseret ombak maupun mencegah kecelakaan di pantai. Meski nyawanya sendiri menjadi taruhan. ‘’Setiap hari patroli di sepanjang pesisir pantai sejak pukul 07.00,’’ ujarnya.

Suami Mega Indriyanti itu menjadi lifeguard 10 tahun silam. Kala itu dia bertemu dengan turis dan belajar bermain surfing. Olahraga itu malah membuatnya ingin menjadi penjaga pantai. ‘’Kalau untuk menjangkau pengunjung yang nyaris tenggelam pakai papan surfing,’’ terangnya.

Sedangkan David adalah anggota Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud). Dia ikut patroli bersama lifeguard dan tim badan penanggulangan bencana daerah (BPBD). Tidak jemu memberikan imbauan kepada pengunjung agar tidak berenang ke tengah pantai. Tak pernah lengah barang sejenak untuk menjaga situasi tetap aman terkendali. ‘’Kalau ada yang berenang ke tengah dan menunjukkan tanda bahaya, saya langsung meniupkan peluit,’’ ujar pemuda 25 tahun itu. ***(cor/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close