Madiun

Tren Penyalahgunaan Protokol Kesehatan

Tak Malu Pakai Masker di Dagu

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Salah kaprah pengenaan masker kian jamak dijumpai dalam setiap operasi yustisi. Banyak warga tak malu-malu mengenakan masker di dagu.

Novadi, salah seorang pelanggar yang terjaring operasi yustisi di Jalan Trunojoyo Rabu (30/9). Di depan Pasar Sleko, dia menyadari kesalahannya telah mengenakan masker di dagu. ‘’Biasanya saya selalu pakai masker dengan benar. Hari ini pas apes saja,’’ kata remaja asal Dagangan, Kabupaten Madiun, itu.

Sebagai dendanya, Novadi harus merogoh kocek Rp 50 ribu. Dia berjanji tidak mengulangi keteledorannya. ‘’Saya berjanji akan mengikuti anjuran pemerintah,’’ ucapnya.

Sejak operasi yustisi perdana 14 September lalu, terjaring 285 pelanggar. Perinciannya, 33 memilih sanksi sosial, 252 memilih denda. Total denda yang terkumpul Rp 12,6 juta. ‘’Denda masuk kasda (kas daerah, Red). Peruntukannya kewenangan pemerintah daerah,’’ kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Kota Madiun Endratno Rajamai.

Raja mengungkapkan, pelanggaran terbanyak dari warga luar Kota Madiun. Jenis pelanggaran didominasi pemakaian masker yang tidak sempurna. Operasi yustisi untuk membudayakan warga agar lebih disiplin protokol kesehatan. ‘’Sanksi denda atau sosial untuk memberi efek jera,’’ ujarnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close