Madiun

Tracing di Pintu Transportasi Harus Jeli

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tracing kedatangan penumpang di setiap pintu transportasi harus jeli. Baik di terminal, stasiun, gerbang tol, maupun gerbang masuk daerah. Akses keluar masuk orang itu menjadi rujukan pemerintah untuk menindaklanjuti penanganan pandemi Covid-19.

Jumlah orang dengan risiko (ODR) terus bertambah mencapai 634 orang. Namun, tiga tempat isolasi yang disediakan pemkot sampai kini masih nihil penghuni. ‘’Belum ada yang menempati,’’ kata Jubir TGTPP Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah Rabu (15/4).

Total bertambah 85 ODR selama tiga hari terakhir. Dari total itu, 177 ODR dinyatakan selesai pemantauan. Sementara 457 sisanya dalam pemantauan atau menjalani isolasi mandiri. Sebagaimana diketahui, yang masuk kriteria ODR adalah mereka yang bepergian atau datang dari zona merah. ‘’Mudah-mudahan tidak ada yang menempati. Artinya tidak mudik,’’ harap Aflah.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 51 orang. Dari total itu, 27 orang selesai pemantauan dan dinyatakan sembuh. Sedangkan 8 pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan negatif. Sampai kini, Kota Madiun masih zero Covid-19. ‘’Semoga wabah lekas berakhir,’’ ucapnya.

Pada sisi lain, pemkot gencar menyerukan imbauan tidak mudik. Salah satu imbauan itu diserukan Wali Kota Madiun Maidi melalui video yang dinarasikan dengan tema komedi. Dalam video itu, Maidi berperan sebagai seorang bapak yang berbicara kepada anaknya melalui sambungan telepon. Dengan berbahasa Jawa, dia melarang anaknya pulang kampung terlebih dahulu demi keselamatan bersama. ‘’Tidak usah mudik, nanti mudik malah bawa korona,’’ kata Maidi dalam video berdurasi satu menit itu.

Video itu menjadi viral dan dibagikan ke berbagai platform media sosial. Di akhir video, wali kota mengajak masyarakat untuk tidak mudik. Jikapun telanjur mudik, maka wajib diisolasi 14 hari di tiga tempat yang disediakan. ‘’Ayo ikuti imbauan pemerintah. Korona hilang, orang Kota Madiun senang,’’ ucap Maidi di akhir video. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close