KriminalitasPonorogo

Tolu Sendirian Gagalkan Pencurian, Begini Aksinya

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Tolu, warga Dusun Pletes, Desa/Kecamatan Sukorejo berhasil mencegah dugaan pencurian terhadap ratusan benih bawang merah milik tetangganya. ‘’Saya lihat kok ada yang mencurigakan. Mondar-mandir hendak mengambil benih bawang merah,’’ ujarnya Jumat, (31/1).

Tolu yang masih terjaga hingga pukul 02.30 mendengar suara mencurigakan dari halaman rumah Samsul Hadi. Tetangganya itu meletakkan 17 zak benih bawang merah di halaman rumahnya. ‘’Saya intip dari jendela, ada yang mondar-mandir,’’ tegasnya.

Tolu ingat betul pria itu mengenakan jaket cokelat dengan postur tubuh tinggi besar. Setelah mondar-mandir, sosok mencurigakan itu mendekati tumpukan zak di halaman rumah tetangganya. Lantas menggotongnya ke sepeda motornya yang terparkir di halaman. Tolu diam-diam berjalan berjalan memutar melalui belakang rumah tetangganya menuju sepeda motor milik pencuri tersebut. Spontan mencabut kunci kontak sepeda motor tersebut. Dia lantas kembali kabur bersembunyi dari pencuri. Setelah itu, Tolu berteriak dengan lantang meminta tolong. Malang bagi si pencuri, hendak kabur dengan motor, ternyata kunci kontaknya raib. Tak lama kemudian, tetangga berhamburan keluar rumah dan pria itu lari kalang kabut. ‘’Badannya tinggi besar. Tidak berani kalau menghadang sendirian,’’ ujarnya.

Kapolsek Sukorejo AKP Beni Hartono memastikan pelaku telah diamankan. Identitasnya belakangan diketahui bernama Katimun, warga Pupus, Lembeyan. Katimun diamankan setelah polisi menemukan surat berobat di RSU Aisyiyah atas namanya di sepeda motornya yang tertinggal di TKP. Setelah dilacak, alamat tempat tinggal pelaku pun didapat. Polisi mencokok Katimun dan kini telah dilimpahkan ke Polres Ponorogo. ‘’Kami sangat mengapresiasi upaya masyarakat dalam membantu tugas kepolisian. Walaupun beresiko, namun warga dengan berani bertindak,’’ ujar Beni. (naz/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close