Ponorogo

TNI dan Polri Berondong 16.890 Dosis Vaksin

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – PEMINAT vaksinasi anti-Covid-19 membeludak. Ratusan orang Kamis lalu (1/7) mendatangi Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0802 Ponorogo untuk mendapat jatah vaksin. Sebelum pintu gerbang makodim dibuka, warga sudah antre. Bahkan, vaksin 833 dosis langsung habis seharian kemarin. ‘’Alhamdulillah masyarakat antusias. Kami berharap target satu juta dosis vaksin sehari yang diberikan Presiden Jokowi di bulan Juli terpenuhi,’’ kata Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin.

Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya mendapat tanggung jawab sekitar 418.000 dosis vaksin yang didistribusikan ke seluruh kodim di Jawa Timur. Kodim 0802 Ponorogo mendapat jatah 10.000 dosis untuk 10 hari pelaksanaan vaksinasi dimulai 29 Juni. ‘’Kami menyesuaikan kondisi. Target 10.000 sasaran, sehari 1.000 suntikan vaksin,’’ jelasnya.

Radhi optimistis target vaksinasi itu bakal terpenuhi. Selama pelaksanaan, peminat selalu melebihi dosis vaksin yang tersedia. Bukan hal yang mustahil herd immunity atau kekebalan kelompok minimal bakal segera tercapai dengan percepatan vaksinasi itu. ‘’Harapan kami melebihi target harian. Hari pertama, ada 1.700 warga yang mendapatkan suntikan vaksin,’’ terangnya.

Kapolres Ponorogo Mochamad Nur Azis menuturkan bahwa pihaknya juga memberikan fasilitas vaksinasi gratis untuk masyarakat. Kepolisian mendirikan gerai di lima rayon yang mencakup 21 kecamatan untuk layanan vaksinasi itu. “Sejauh ini tercatat 4.210 sasaran yang sudah tersuntik vaksin. Kami sesuaikan dengan tenaga vaksinatornya,’’ ungkap Kapolres.

Azis menyilakan siapa pun mendaftar untuk mendapatkan suntikan vaksin. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung setiap hari selama ketersediaan 6.890 dosis masih tersisa. Kapolres juga menjamin dosis vaksin untuk suntikan kedua tercukupi dari pendistribusian berikutnya. ‘’Proses distribusi bertahap. Distribusi dosis kedua sudah terjadwalkan,’’ pungkasnya. (mg4/c1/hw)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button