Tjahjo Kumolo Sanjung Layanan Anjungan Dukcapil Mandiri Magetan

Cetak Dokumen Kependudukan tanpa Antre

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Layanan anjungan dukcapil mandiri (ADM) dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil) Magetan mendapat sanjungan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Mesin yang bisa mencetak dokumen kependudukan kurang dari dua menit itu dinilai punya banyak manfaat. ‘’Memudahkan masyarakat mengurus data kependudukan,’’ kata Tjahjo di sela acara grand launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Magetan Senin (5/4).

Ditemani Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Magetan Suprawoto, Tjahjo menengok satu per satu stan di MPP. Ketika mengunjungi stan disdukcapil, politikus PDI Perjuangan itu terkesima layanan ADM. Organisasi perangkat daerah (OPD) yang dinakhodai Hermawan itu menjadi yang pertama menggunakannya di tanah air. ‘’Ini luar biasa,’’ ujarnya.

Kepala Disdukcapil Magetan Hermawan menjelaskan, mesin ADM memudahkan warga melengkapi dokumen kependudukan. Adapun syarat pencetakannya adalah pemohon harus sudah melakukan rekam data e-KTP dan melakukan registrasi terlebih dulu di disdukcapil. Selanjutnya yang bersangkutan menerima PIN, QR code, dan sidik jari untuk proses pencetakan. ‘’Jadi, masyarakat bisa cetak dokumen kependudukan kapan pun tanpa harus antre,” terangnya.

Disdukcapil berharap kemudahan pelayanan ini kian menyadarkan masyarakat atas pentingnya dokumen kependudukan. Warga berusia 17 tahun ke atas segera melakukan perekaman e-KTP. Pun warga usia 0–18 tahun yang belum mengantongi akta kelahiran segera mengurusnya. ‘’Anak-anak juga segera membuat KIA (kartu identitas anak),’’ ucapnya.

Hermawan menyebut, layanan administrasi kependudukan berada di 18 kecamatan. Perekaman dan pencetakan bisa dilakukan di wilayah setempat atau MPP dan kantor disdukcapil. ‘’Sekarang sudah sangat mudah. Tidak ada alasan tidak mengurus data kependudukan,’’ tandasnya. (ebo/fat/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button