Pacitan

Titir Kentungan Mitigasi Bencana

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Ada banyak cara untuk mengabarkan bencana alam. Salah satunya lewat titir kentungan. Senin (26/10) mitigasi berbasis kearifan lokal itu dipukul serentak di 990 titik di Pacitan.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo mengatakan, titir kentungan masuk program mitigasi bencana bagi warga pesisir pantai. Dengan adanya kegiatan tersebut, dia berharap masyarakat tidak hanya mengandalkan teknologi dalam menghadapi peringatan dini bencana alam. ‘’Pacitan termasuk daerah rawan bencana. Dengan pemukulan kentungan, kita bisa siap siaga seandainya terjadi bencana alam,’’ terangnya.

Menurutnya, kentungan dapat menjadi solusi ketika teknologi alat peringatan dini error saat terjadi gempa besar yang disusul tsunami. Dengan begitu, masyarakat bisa langsung melakukan evakuasi tanpa harus menunggu pemberitahuan dari BMKG. ‘’Hal ini dapat mengurangi dampak risiko bencana,’’ ungkapnya.

Dengan mitigasi ini, diharapkan kewaspadaan masyarakat semakin meningkat dalam menyikapi bencana alam. ‘’Kami akan bentuk tim untuk inventarisasi kentungan ini, termasuk meninjau jalur evakuasi dan titik kumpul. Kami juga terus lakukan sosialisasi dan edukasi. Sehingga keberlanjutan kentungan menjadi budaya dalam mitigasi bencana,’’ jelas Didik. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button