News

Titik Adalah

×

Titik Adalah

Share this article

Titik Adalah – Chandra Maulana Intan Tri Agustina M. Risky Paridho Ramadini Hartanti Sri Novita Mulya. S Marina Alfonsia Tunya Hafizh Aria. A SMA NEGERI 1 PRABUMULIH Tahun Pelajaran 2014/2015

Kita akrab dengan istilah titik. Faktanya, kami selalu menggunakannya saat kami menulis. Apakah poin di “dunia tulis” sama dengan poin di “dunia matematika”? Dalam “dunia tulis-menulis”, titik adalah simbol yang digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat, sedangkan dalam “dunia matematika”, titik adalah sesuatu yang mempunyai kedudukan, tetapi titik tidak mempunyai dimensi. Seperti halnya dalam dunia tulis menulis, dalam dunia matematika suatu titik dilambangkan dengan titik “.” Hanya saja dalam dunia matematika, titik dilambangkan dengan huruf kapital seperti A, B atau C dst. Pada gambar di bawah terdapat dua titik yaitu titik B dan titik Q. Garis adalah sekumpulan titik yang anggotanya terdiri lebih dari satu titik. Titik-titik ini terletak pada dua arah yang berlawanan hingga tak terhingga. Misalnya model atau representasi suatu garis ibarat benang atau tali lurus yang dapat ditarik ke segala arah hingga tak terhingga. Garis hanya memiliki panjang. Sebaliknya titik diberi nama dengan satu huruf kapital sedangkan garis diberi nama dengan huruf kecil seperti g, h, k dst atau dua huruf kapital seperti AB, AC, BC dst. Pada gambar di bawah terlihat dua garis yaitu garis h dan garis AB.

Titik Adalah

4 Tingkatan Tingkatan adalah rangkaian garis yang anggotanya terdiri lebih dari satu garis. Jadi pada sebuah bidang terdiri dari banyak garis. Pesawat model adalah permukaan kertas yang dapat diperluas ke segala arah. Bidang mempunyai panjang dan lebar dan diberi nama dengan menentukan simpul bidang tersebut atau dengan menggunakan huruf α, β, γ, dan seterusnya. Pada gambar di bawah terdapat dua bidang yaitu bidang α dan bidang ABCD. Dari pengertian titik, garis, dan bidang muncullah suatu aksioma atau postulat tentang titik, garis, dan bidang, yaitu: hanya dapat tercipta satu garis lurus melalui dua titik mana pun yang tidak berhimpitan. Hanya satu bidang yang dapat dibuat dengan menggunakan tiga titik mana pun. Sebuah bidang dapat dibuat oleh suatu titik dan garis yang tidak melalui titik tersebut. Jika sebuah garis dan sebuah bidang mempunyai dua titik yang sama, maka garis tersebut seluruhnya terletak pada bidang tersebut.

Elemen Desain Titik Ilustrasi Stok

Letak titik-titik pada suatu garis dibagi menjadi dua titik, yaitu titik-titik pada garis dan titik-titik di luar garis. Posisi titik on-line dan titik off-line dapat diibaratkan seperti seekor burung yang hinggap di atas kabel listrik, seperti pada gambar di bawah ini. Sekarang coba lihat gambarnya. Gambar tersebut menunjukkan sekawanan burung sedang duduk di atas kabel listrik. Misalnya, jika burung-burung itu berupa titik-titik dan kabelnya berupa sebuah garis, maka kita dapat mengatakan bahwa burung yang hinggap di atas kabel listrik (berbisik dengan warna merah) adalah sebuah titik pada garis tersebut. Suatu titik terletak pada suatu garis jika titik tersebut dapat dilewati oleh suatu garis, seperti pada gambar di bawah ini. Sekarang coba lihat gambar burung yang terbang dan hinggap di kabel listrik (dilingkari biru). Hal ini dapat digambarkan sebagai titik di luar garis. Suatu titik berada di luar garis jika tidak dapat melalui garis, seperti pada gambar di bawah.

Baca Juga  Berapa Banyak Korespondensi Satu-satu Yang Dapat Dibuat Dari Himpunan Berikut

Letak titik-titik pada bidang terbagi menjadi dua bagian, yaitu titik-titik yang terletak pada bidang dan titik-titik yang terletak di luar bidang. Untuk lebih memahami konsep kedudukan suatu titik pada suatu bidang, perhatikan gambar di bawah ini. Gambar di sebelah kiri menunjukkan lima orang memberikan nasihat tentang cara menanam padi dan tiga orang anak sedang menonton. Jika kita menganggap orang dewasa dan anak-anak sebagai titik dan menyebut tanah atau lahan yang akan ditanami padi sebagai ladang, maka kita dapat menyebut orang dewasa yang menanam padi di sawah sebagai titik-titik yang terletak di lapangan. Sementara itu, kami memanggil anak-anak yang sedang menonton di luar sawah untuk menunjuk ke luar sawah. Jadi suatu titik terletak pada suatu bidang jika titik tersebut dapat dilintasi oleh suatu bidang, seperti pada gambar di bawah ini. Suatu titik berada di luar bidang jika titik tersebut tidak dapat dilalui oleh bidang, seperti pada gambar di bawah ini.

Ada tiga kemungkinan letak suatu titik relatif terhadap titik, garis, atau bidang lain, yaitu: Jarak titik ke titik. Gambar di bawah menunjukkan dua titik yaitu titik A dan titik B. Jarak titik A dan titik B dapat dicari dengan menghubungkan titik A ke titik B. Jadi sebuah garis tercipta. Jarak antara dua titik ditentukan oleh panjang garis. Jadi jarak dua titik adalah panjang ruas garis yang menghubungkan kedua titik tersebut. Jarak titik ke titik Pada gambar disebelahnya terdapat titik A dan garis g. Jarak titik A dan garis g dapat dicari dengan menarik garis dari titik A ke garis g dan memotong garis tersebut di titik P sehingga garis AP tegak lurus terhadap garis g. Jarak titik A ke garis g adalah panjang AP. Jadi jarak suatu titik ke suatu garis adalah panjang ruas garis yang ditarik dari titik tersebut tegak lurus garis tersebut. Jarak dari titik ke bidang. Gambar di bawah menunjukkan titik A dan bidang α. Jarak titik A ke bidang α ditentukan dengan menghubungkan titik A yang tegak lurus bidang α. Jadi jarak suatu titik ke suatu bidang adalah jarak dari titik tersebut ke proyeksinya ke bidang tersebut.

Baca Juga  Mengapa Lingkungan Alam Dikatakan Sebagai Sumber Penghidupan Bagi Makhluk Hidup

Gambar pada halaman tersebut merupakan gambar tiang kabel listrik jika kita membayangkan kabel listrik sebagai sebuah kawat. Apa posisi kabel dibandingkan dengan kabel lainnya? POSISI Suatu Garis TERHADAP Suatu Garis Aksioma/Postulat Dua Garis Sejajar Melalui suatu titik di luar suatu garis, hanya satu garis yang ditarik sejajar dengan garis tersebut. POSISI GIR TERHADAP BIDANG Posisi garis terhadap bidang dibedakan menjadi tiga, yaitu garis yang terletak pada bidang, garis yang sejajar bidang, dan garis yang memotong (menembus) bidang. Suatu garis terletak pada suatu bidang jika setiap titik pada garis tersebut juga terletak pada bidang tersebut, seperti pada gambar di bawah. Suatu garis dikatakan sejajar bidang jika garis dan bidang tersebut tidak mempunyai titik persekutuan, seperti pada gambar di bawah ini.

Titik Tangan Itu Adalah Ikon Situs Panah Tangan Vektor, Situs Web, Anak Panah, Tangan Png Dan Vektor Dengan Background Transparan Untuk Unduh Gratis

9 Suatu garis dikatakan memotong (menembus) suatu bidang bila garis dan bidang tersebut mempunyai titik persekutuan yang disebut titik potong atau titik tembus, seperti pada gambar di bawah ini. Teorema kedudukan garis terhadap garis dan garis terhadap bidang: Jika garis a sejajar dengan garis b dan garis b sejajar dengan garis c, maka garis a sejajar dengan garis c. Jika garis k memotong garis h, garis g juga memotong garis h, garis k sejajar dengan garis g, maka garis h, k dan g terletak pada bidang yang sama. Jika garis k sejajar dengan garis l dan garis l menembus bidang, maka garis k juga menembus bidang tersebut.

Gambar samping menunjukkan kedudukan garis yang terletak pada bidang atau bersesuaian dengan bidang dan kedudukan garis sejajar bidang. Kita mengetahui bahwa bidang adalah himpunan garis yang anggota-anggotanya terdiri lebih dari satu garis. Kita juga mengetahui bahwa sudut antara dua garis sejajar dan garis sejajar adalah 0°. Sudut yang dibentuk oleh garis dan bidang sejajar dan berimpit adalah 0°. Sekarang lihat gambar di bawah ini. Pada gambar di halaman tersebut Anda dapat melihat garis g yang memotong bidang ABCD di titik O. Proyeksi garis g membentuk garis EF yang berimpit dengan bidang ABCD dan sejajar dengannya. Sudut yang dibuat garis g dengan bidang ABCD adalah sudut yang dibuat garis g dengan garis proyeksinya yaitu β. Sudut antara garis dan bidang adalah sudut lancip yang dibentuk garis dengan proyeksinya pada bidang tersebut.

Baca Juga  Larutan H2so4 0 01 M Mempunyai Ph

Gambar pada halaman tersebut menunjukkan letak dua garis sejajar dan dua garis berhadapan. Sudut yang dibentuk oleh dua garis sejajar dan garis sejajar adalah 0°. Sekarang perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH dibawah ini. Perhatikan garis AB (garis v) dan AE (garis u)! Kedua garis (garis u dan garis v) berpotongan di titik A dan sudut yang terbentuk adalah ∠A atau umumnya ditulis ∠(u, v). Sudut antara dua garis yang berpotongan adalah sudut perpotongan kedua garis tersebut dan sinar garis adalah kaki sudut tersebut. Lihat gambar di bawah ini. Perhatikan garis BD (garis y) dan garis FH (garis x)! Kedua garis tersebut saling bersilangan. Garis BD (garis y) sejajar dengan garis FH (garis z), dan garis x dan garis z berpotongan. Jadi, sudut antara dua garis yang berpotongan (misalnya perpotongan x dan y) adalah sudut perpotongan antara garis x dan garis z, dimana garis z sejajar dengan garis y dan garis x memotong garis z.

Gambar di atas menunjukkan posisi suatu lapisan relatif terhadap lapisan lainnya. Gambar pertama adalah posisi dua bidang yang saling berhadapan dan gambar kedua adalah posisi kedua bidang yang sejajar. Kita tahu bahwa pengertian bidang adalah himpunan garis-garis yang unsur-unsurnya terdiri lebih dari satu garis. Kita juga mengetahui bahwa sudut yang dibentuk oleh dua garis sejajar atau berpotongan adalah 0°. Selain itu, sudut yang dibentuk oleh garis dan bidang sejajar dan berimpit

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Titik,garis Dan Bidang Kemudian Gambarlah Titik Titik Yang Segarid Dan

Titik api adalah, titik akupuntur adalah, titik pusat gempa adalah, titik billboard, las titik, titik leleh, titik jenuh adalah, titik, las titik adalah, titik koordinat adalah, titik koordinat rumah adalah, titik refleksi