Magetan

Tingkat Pengangguran Terbuka Magetan Capai 3,74 Persen

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Magetan coba ditekan lewat kerja sama dengan industri. Dinas tenaga kerja (disnaker) menggandeng perusahaan Jawa Tengah (Jateng) dan Batam supaya mencukupi kebutuhan karyawannya dari Magetan. ‘’Ratusan tenaga kerja bisa terserap lewat kerja sama ini,’’ kata Kasi Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Zaini Suryono, Sabtu (29/5).

Data Badan Pusat Statistik (BPS), TPT di Magetan per Agustus tahun lalu mencapai 3,74 persen. Artinya, ada tiga hingga empat pengangguran dari setiap 100 orang yang masuk angkatan kerja. Jumlah itu meningkat dibandingkan Agustus 2019. ‘’Ini dampak pandemi,’’ ungkap Zaini.

Meski demikian, Zaini mengklaim bahwa kondisi TPT di Magetan lebih baik dari daerah tetangga seperti Madiun, Ngawi, atau Ponorogo. Bahkan, TPT Magetan diklaim lebih rendah dari Jawa Timur yang sebesar 5,84 persen. ‘’Magetan termasuk delapan dari 38 daerah yang TPT-nya di bawah empat persen,’’ ujarnya. (fat/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button