Magetan

Timwas Belum Beri Keputusan Pelanggaran PT BIK

MAGETAN, Jawa Pos Radar MagetanNasib pengaduan dugaan pelanggaran hak karyawan oleh PT Bintang Inti Karya (BIK) terkatung-katung. Tim pengawas (timwas) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jawa Timur urung memberikan keputusan atas pemeriksaan perusahaan yang bergerak di bidang garmen di Kecamatan Barat itu. ‘’Timwas datang Juli, tapi sampai sekarang kejelasannya belum ada,’’ kata Ketua Federasi Serikat Buruh Independen (FSBI) Kota/Kabupaten Madiun Akhmad Sholeh Senin (7/9).

Sebelumnya, sejumlah pekerja PT BIK dirumahkan karena pandemi Covid-19. Namun, hak-hak belum dipenuhi. Dalam pertemuan yang difasilitasi pemkab, mencuat alasan PT BIK belum bisa memberikan gaji karena keuangan tidak memungkinkan. Tanggungan tersebut bakal dibayarkan April. ‘’Tapi, faktanya belum ada pembayaran. Karena itu, tuntutan pekerja tambah dengan BPJS dan THR (tunjangan hari raya, Red),’’ bebernya.

Menurut Akhmad, PT BIK sama sekali tidak punya iktikad baik membahas kejelasan upah. Pihaknya berencana bertemu manajemen PT BIK dan disnaker. ‘’Pelanggaran perusahaan mengarah ke tindak pidana sekaligus pelanggaran undang-undang tenaga kerja,’’ sebutnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close