Madiun

Timbun Oksigen, Siap-Siap Saja Ditindak Polisi

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Fenomena panic buying mewarnai lonjakan kasus Covid-19. Tidak hanya bahan pangan dan obat-obatan, oksigen tabung pun jadi barang buruan. Pemkab Madiun coba mengantisipasi penimbunan dengan pengawasan ketat melibatkan kepolisian.

Bupati Madiun Ahmad Dawami bersama forkopimda melakukan inspeksi mendadak (sidak) di PT Samator Gas Industri Madiun, Kecamatan Geger. Sidak Jumat lalu (9/7) itu untuk mengetahui ketersediaan oksigen tabung. ‘’Kapasitas tangki masih ada 25 ribu ton (oksigen), masih aman,’’ kata Kaji Mbing, sapaan bupati, Minggu (11/7).

Kaji Mbing menuturkan, stok oksigen tabung tersebut diutamakan untuk kebutuhan medis. Bakal disalurkan ke rumah sakit rujukan Covid-19. Untuk itu, dia berharap masyarakat tidak panik seperti yang ramai di media terkait kelangkaan oksigen tabung. ‘’Saya pastikan cukup. Akan ada antisipasi lain agar tidak terjadi penimbunan atau penjualan oksigen tabung gelap,’’ ujarnya.

Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan yang juga turun ke lapangan bersama bupati menegaskan bahwa oksigen tabung diutamakan untuk kebutuhan medis. Disinggung soal potensi aji mumpung oknum tak bertanggung jawab, Jury bakal menerjunkan anggota untuk mencegahnya. ‘’Kami akan menindak tegas berdasar hukum bila ada penimbunan oksigen tabung,’’ ancam Kapolres. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button