AdvertorialMagetan

Tim Unipma Berdayakan PKK Desa Cileng lewat Pelatihan Manajemen Usaha

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tim Universitas PGRI Madiun (Unipma) kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Cileng, Poncol, Magetan, Jumat (20/11).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unipma ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Desa Cileng. Tahun lalu, mereka memberikan pelatihan kepada kelompok PKK desa setempat. Yakni, pembuatan kerajinan tangan berupa dompet dari bekas botol minuman. ‘’Kegiatan itu bagian dari upaya menciptakan lapangan kerja baru,’’ ujar Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unipma di Desa Cileng Heidy Paramitha Devi

Devi menjelaskan, untuk kegiatan pengabdian masyarakat pada tahun ini timnya lebih memfokuskan pendampingan ekspansi usaha kelompok PKK Desa Cileng melalui Legalitas Manajemen Usaha Dan Pembukuan (LE MIN BOOK). Pihaknya akan membantu menyiapkan pengurusan izin usaha mikro dan kecil (IUMK) untuk usaha kerajinan ibu-ibu PKK Desa Cileng.

”Kami memberikan pelatihan pembuatan pembukuan sederhana untuk UMKM, desain logo usaha, dan media sosial untuk mempromosikan hasil kerajinan tersebut,” tuturnya.

‘’Dengan adanya IUMK ini kelompok PKK Desa Cileng akan mendapatkan kepastian hukum dan kemudahan dalam hal permohonan pembiayaan di bank ataupun non bank,’’ tambahnya.

Dia mengatakan, pihaknya juga akan membuatkan buku modul berisi cara pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah botol minuman. ‘’Sesuai rencana akhir bulan Desember ini buku panduan tersebut akan didistribusikan. Semoga bermanfaat,’’ paparnya.

Ketua PKK Desa Cileng Murniasih sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat Unipma. ‘’Saya atas nama pribadi dan PKK Desa Cileng mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pelatihan yang diberikan selama ini. Dan ke depan akan terus kami lanjutkan agar bisa menjadi tambahan penghasilan bagi kami,’’ ujarnya (ebo/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button