AdvertorialMagetan

Tim PPMUPT UPN Veteran Jatim Latih Petani

Kembangkan Desa Wisata Pamelo Organik Berbasis Biopestisida

MAGETANJawa Pos Radar Magetan – Mengambil tema Pengembangan Desa Wisata Pamelo Organik Berbasis Biopestisida, tim Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT) UPN Veteran Jawa Timur memberikan pelatihan pembuatan biopestisida di Desa Tambakmas, Sukomoro, Magetan. ‘’Tahun kedua ini para petani diberikan pelatihan dalam pembuatan biopestisida agar mereka bisa produksi sendiri,’’ kata Ketua PPMUPT UPN Veteran Jawa Timur Sri Wiyatiningsih.

Tahun kedua ini, Sri bersama anggotanya Wiwik Sri Harijani, Wahyu Santoso, dan Riko Setya Wijaya juga berkesempatan memanen jeruk pamelo organik hasil produksi pasca pelatihan. Hasilnya bagus. Warna daging buah lebih merah dan rasanya lebih manis dibandingkan dengan jeruk non-organik. ‘’Setelah dianalisis, ternyata jeruk yang disemprot biopestisida kandungan vitamin C dan kalorinya lebih tinggi,’’ terang sembari menyebut, jika  UPN Veteran Jatim menggandeng Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS) saatmemberikan pelatihan kepada petani.

Di tahun sebelumnya, pengabdian difokuskan pada sosialisasi teknologi potensial hasil riset dan pengembangan LPPM UPN Veteran Jatim berupa biopestisida peningkatan ketahanan tanaman. Pada tahun ketiga, Desa Tambakmas bisa menjadi desa wisata jeruk pamelo organik. ‘’Tak hanya budi daya jeruk yang dikembangkan, ibu-ibu desa setempat juga mendapatkan pelatihan makanan olahan, seperti manisan yang berbahan dasar kulit jeruk,’’ katanya.

Ketua Gapoktan Wijaya Tambakmas Sukimin mengatakan hasil produksi budi daya jeruk pamelo bagus dan meningkat setelah menerapkan ilmu yang diberikan UPN Veteran Jatim. Nilai jualnya lebih mahal bila dibandingkan dengan jeruk non-organik. ‘’Kami berterima kasih kepada UPN Veteran Jatim yang telah memberikan ilmu dan membantu petani,’’ pungkasnya. (ebo/bel/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button