Advertorial

Tim PPMUPT UPN Veteran Jatim Berdayakan Petani Tambakmas

Rintis Wisata Petik Jeruk Pamelo Organik

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dedikasi akademisi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur (Jatim) dalam membina para petani jeruk pamelo di Tambakmas, Sukomoro, berbuah manis. Desa yang telah tiga tahun dibina Tim Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT) UPN Veteran Jatim itu merintis wisata petik jeruk pamelo organik. ‘’Ini wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan dosen dan mahasiswa,’’ ungkap Ketua Program PPMUPT UPN Veteran Jatim Sri Wiyatiningsih.

Tambakmas telah tiga tahun dibina oleh empat dosen UPN Veteran Jatim. Wiwit –sapaan Sri Wiyatiningsih- terjun langsung didampingi Wiwik Sri Harijani, Wahyu Santoso, dan Riko Setya Wijaya. Wisata petik jeruk pamelo organik di Tambakmas dirintis melalui proses panjang. Diawali dengan sosialisasi teknologi hasil riset berupa biopestisida untuk peningkatan ketahanan tanaman.

Setelah itu, dilanjutkan peningkatan produktivitas jeruk pamelo dan hasil olahannya, serta pengembangan pemasaran. Di tahun kedua, tim menggandeng lembaga sertifikasi organik untuk membantu sosialisasi. ‘’Lembaga sertifikasi organik mensosialisasikan pentingnya tanaman organik kepada kelompok tani,’’ tutur Wiwit.

Di Tambakmas, ada puluhan hektare lahan yang kini ditanami jeruk pamelo organik. Sembilan kebun di antaranya sudah siap menyambut wisatawan. Harga disepakati satu buah jeruk pamelo organik dibanderol Rp 10 ribu. ‘’Dengan terwujudnya desa wisata pamelo organik, kesejahteraan petani bisa terus meningkat,’’ terangnya.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wijaya Tambakmas Sukimin menyebut bahwa budidaya jeruk pamelo organik merupakan hal baru bagi petani. Ilmu yang ditularkan UPN Veteran Jatim memberi manfaat besar bagi para petani. ‘’Kami mengucapkan terima kasih kepada UPN Veteran Jatim yang telah memberikan ilmu dan membantu petani jeruk pamelo di Tambakmas. Kami optimistis kesejahteraan para petani meningkat,’’ ujarnya. (ebo/fat/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button