Madiun

Tiga RTH Baru, Wali Kota Maidi: Berkonsep Ekologi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pengembangan konsep pembangunan berwawasan lingkungan berupa penambahan ruang terbuka hijau (RTH) dilakukan Pemkot Madiun. Sedikitnya ada tiga RTH baru yang diperbaharui tahun ini. Dua di antaranya yakni RTH Respati Manis dan Merak Indah diresmikan Wali Kota Maidi Rabu (22/9). Sedangkan satu RTH lainnya di Taman Asri telah diresmikan pekan lalu.

RTH Respati Manis di kawasan Perumnas Manisrejo, Taman, memiliki luasan 852 meter persegi. Pembangunannya menelan anggaran Rp 300 juta. Sedangkan RTH di Perumahan Merak Indah dengan luasan 607 meter persegi menghabiskan duit Rp 200 juta.

Maidi mengungkapkan, RTH dibangun dengan tujuan agar pemkot bisa turut andil dalam pelestarian lingkungan. Pun, nyaman, sehat, dan representatif untuk aktivitas warga. ‘’Dilengkapi gazebo, ruang bermain anak, panggung, sehingga bisa digunakan untuk menggelar berbagai kegiatan,’’ ujarnya, Kamis (23/9).

Konsep ekologi itu juga diterapkan pada pembangunan infrastruktur lain. Misalnya, sistem drainase yang baik di kawasan permukiman sehingga warga setempat terhindar dampak pencemaran lingkungan dari limbah rumah tangga. ‘’Tidak hanya penataan di jalan protokol, konsep berwawasan lingkungan dibawa sampai tingkat RT dan RW,’’ tuturnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button