News

Tiga Pola Gerak Dalam Senam Melompati Rintangan

×

Tiga Pola Gerak Dalam Senam Melompati Rintangan

Share this article

Tiga Pola Gerak Dalam Senam Melompati Rintangan – Pemberitahuan penting Pemeliharaan server terjadwal (GMT) pada hari Minggu, 26 Juni, 2:00 – 8:00. situs tidak akan berfungsi pada waktu yang ditentukan!

1. Epilate selama 30 detik. 2. Lakukan gerakan kayak. 3. Lakukan langkah-langkah tersebut secara berpasangan. Lakukan kegiatan ini dengan semangat dan percaya diri. Penilaian praktik ini meliputi penilaian sikap dan keterampilan. B. Variasi dan kombinasi latihan di lantai dengan alat Pada subpelajaran sebelumnya, Anda telah mempelajari variasi dan kombinasi latihan di lantai tanpa alat. Anda kemudian akan mempelajari variasi dan kombinasi senam lantai dengan alat. Contoh alat yang digunakan adalah tikar, palang (groins), tongkat kayu dan batangan besi. Untuk memulai pelajaran ini, lakukan kegiatan berikut dengan teman Anda. Yuk, kita cari informasinya! Apa saja variasi dan kombinasi pola gerakan pada aktivitas senam lantai dengan alat? Cari informasi di buku atau di Internet. Catat informasi yang Anda temukan di buku. Diskusikan informasi ini dengan teman Anda, kemudian jelaskan hasil diskusi dengan sopan kepada teman dan guru Anda. Lakukan kegiatan ini dengan jujur ​​dan bertanggung jawab. Dari kegiatan di atas, Anda akan mengetahui variasi dan kombinasi pola gerakan senam lantai dengan alat. Untuk memperdalam pengetahuan kita, mari kita serius mempelajari materi berikut. 1. Melompati rintangan Bagaimana cara melompati rintangan? Pada gerakan ini terdapat pola gerakan yaitu memantul, melayang dan mendarat. Sebelum melakukan kegiatan ini, siapkan rintangan (sasaran) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal, berdiri tegak dalam formasi mundur. Mulailah melompati gawang secara bergantian. Lakukan pantulan, lalu lepas landas dan mendaratkan 130 Buku Siswa Kelas IV SD/MI

Tiga Pola Gerak Dalam Senam Melompati Rintangan

Benar. Lakukan kegiatan ini dengan disiplin. Amati gerakan melompati rintangan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6.7. BC DE Gambar 6.7 Lompat halangan atau halangan Apa langkah-langkah untuk melompati halangan? Bicaralah dengan teman Anda. Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. Menjelaskan hasil diskusi dengan sopan kepada teman dan guru. 2. Senam dengan tongkat Ayo lakukan senam dengan tongkat bersama teman-teman kita. Siapkan tongkat sepanjang satu meter. Apa gerakannya? Amati dan latih gerakan yang ditunjukkan pada Gambar 6.8. Posisi awal, kedua kaki dibuka selebar bahu seperti berdiri. Membungkuk, pegang tongkat dengan kedua tangan. Ayunkan tongkat hingga berada di atas kepala Anda. Lakukan gerakan ini secara mandiri dan bertanggung jawab. BC Gambar 6.8 Mengangkat klab ke depan dan mengayunkan klab ke atas 3. Tergantung pada kombinasi ayunan Bagaimana cara melakukan gantung dan mengayun pada mistar? Amati gerakan menggantung dan bergoyang seperti pada Gambar 6.9. Aktif dalam olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 131

Baca Juga  Perempatan Jalan Adalah Contoh Garis Yang Saling

Kombinasi Pola Gerak Senam Lantai Tanpa Alat, Pembahasan Dan Kunci Jawaban Contoh Soal Uas Pat Pjok Kelas 4 Sd

BC Gambar 6.9 Tergantung kombinasi ayunan Posisi awal, berdiri tegak dan melompat sambil memegang palang. Pegangan bisa menggunakan pegangan lipat, bawah atau campuran. Gantung lurus dan kedua kaki terangkat dari tanah. Ayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang hingga tubuh Anda bergoyang. Sebelum mendarat, kurangi momentum Anda secara perlahan. Posisi akhir, mendarat dengan kedua kaki. Lakukan dengan disiplin dan bertanggung jawab. Perhatikan faktor keamanan saat digantung dan berayun. 4. Variasi pola gerakan yang dominan Roda samping Mencondongkan tubuh, menendang, berputar, dan mendarat Bagaimana cara melakukan roda samping? Berguling ke samping dilakukan di atas matras. Lihat Gambar 6.10. Latih gerakan seperti menggambar dengan teman Anda. Rasakan gerakan yang telah dilakukan. Perhatikan gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan pengamatan Anda kepada teman dan guru dengan jujur ​​dan sopan. B C DE F GH Gambar 6.10 Gulungan Samping 132 Buku Pelajaran Kelas IV SD/MI

Anda telah melakukan side roll. Apakah gerakannya sulit? Bandingkan gerakan yang Anda buat dengan langkah selanjutnya. Posisi awal, jongkok sejajar dengan lantai. Kedua tangan memegang lutut. Putar tubuh Anda ke kanan atau ke kiri. Jaga keseimbangan tubuh Anda dan cobalah untuk berbelok lurus. Kembali ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan terangkat lurus. Posisi terakhir, jatuhkan lengan ke samping. 5. Variasi Pola Gerakan, Pantulan, Putaran, dan Pendaratan pada Gerakan Mendarat Amati gerakan berguling ke depan seperti pada Gambar 6.11. Lakukan gerakan ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, posisi membungkuk dan kedua tangan bertumpu pada matras. Dorong tubuh Anda ke depan. Saat tubuh berputar, luruskan kaki. Setelah berputar, lepaskan tangan Anda. Tekuk lutut Anda dan tahan lutut Anda. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri. Ramalan. Jadikan gerakan ini disiplin dan akuntabel. Kembangkan sikap berani dan percaya diri dengan melakukan gerakan ini. B C DE F GH Gambar 6.11 Memutar ke depan. 6. Variasi Pola Gerakan Backspin Landing, Bounce, Spin, dan Landing Amati backspin seperti pada Gambar 6.12. Latih gerakan ini dengan teman Anda. Perhatikan gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan pengamatan Anda dengan sopan kepada teman dan guru. Aktif dalam olahraga – Budaya Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 133

Baca Juga  Jika Di Katoda Diperoleh Tembaga Sebesar 6 35 Gram

B C DE F GH Gambar 6.12 Gerakan menggelinding ke belakang. Latih jungkir balik Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, posisi duduk dan antisipasi. Tekuk lutut Anda dengan erat, tarik dagu ke dada. Lipat kedua tangan dan buka telapak tangan ke atas sejajar dengan bahu. Putar tubuh Anda ke belakang. Saat Anda berguling dan mendekati kuda-kuda terakhir, luruskan kaki Anda. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri. Lakukan dengan disiplin dan bertanggung jawab. 7. Variasi Pola Gerakan dengan Mendukung, Memantul, Memutar, dan Mendarat di Crate Pads Bagaimana Anda melakukan Crate Jumps? Amati gelindingan pada peti seperti pada Gambar 6.13. Berlatihlah dengan temanmu gerakan-gerakan seperti pada gambar berikut. BC D E F Gambar 6.13 Pembalikan Peti Anda telah berlatih melompat-lompat membalik peti. Apakah gerakannya sulit dilakukan? Bandingkan dengan langkah-langkah berikut. A. Lakukan lari awalan untuk mendekati peti, lalu lompat dengan kedua kaki. Kedua telapak tangan bertumpu pada awal ujung dada. 134 Buku Pelajaran Kelas IV SD/MI

B. Lompat dengan sedikit dorongan ke atas. Terus berguling ke depan di atas jump crate. Posisi badan berputar di atas peti. C. Posisi akhir, mendarat dengan kedua kaki. Kedua lengan direntangkan ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Penjelasan tersebut adalah beberapa variasi dan kombinasi gerakan senam lantai dengan alat. Kesulitan melakukan gerakan? Jika Anda masih mengalami kesulitan, silakan bertanya kepada guru. Apa manfaat senam? 1. Manfaat Fisik Latihan berguna untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Senam berkontribusi pada perkembangan fisik yang seimbang. 2. Manfaat mental dan sosial Saat mengikuti program latihan, anak harus berpikir sendiri untuk mengembangkan keterampilannya. Melalui senam, kemampuan mental anak akan berkembang. 3. Manfaat untuk pengembangan diri Kegiatan senam memberikan banyak pengalaman. Dengan pengalaman, anak mampu mengendalikan tubuh dengan percaya diri dan sukses besar. Pengalaman ini memungkinkan terbentuknya konsep diri yang positif. Anda bisa menguasai gerakan senam pada materi yang ada di depan anda jika anda rajin berlatih. Berlatih senam lantai membutuhkan disiplin, keberanian, dan kepercayaan diri. Anda akan senang jika berhasil menguasai variasi senam lantai, bukan? Aktif dalam olahraga – Budaya Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 135

Penjasorkes Sd Mi Kelas 4. Pelajaran 8

Berlatih Variasi Menggulung Anda telah mempelajari variasi latihan di lantai dengan alat. Untuk menguji keterampilan Anda, selesaikan langkah-langkah berikut. 1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-6 orang. Berdirilah di barisan masing-masing kelompok. 2. Siapkan perlengkapan senam, seperti matras dan jumping box. Tempatkan peralatan di lantai. 3. Latih gerakan berikut. A. Putar ke depan. B. Memutar ulang. C. Peti terbalik. 4. Lakukan kegiatan ini secara disiplin dan bertanggung jawab. Jika Anda masih memiliki masalah, tanyakan kepada guru Anda. 1. Senam lantai adalah latihan fisik yang dilakukan di atas lantai atau di atas peralatan yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, koordinasi, dan kontrol tubuh. 2. Pola gerak senam lantai terdiri dari variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai tanpa alat, serta variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai dengan alat. 3. Variasi dan kombinasi pola senam lantai tanpa alat dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut. a) Posisi lilin. b) infeksi berantai. C. Kaya. D. Kandang berpasangan. e. Sikap pesawat. 4. Variasi dan kombinasi pola gerakan senam lantai dengan alat dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut. 136 Buku Siswa Kelas IV SD/MI

Baca Juga  Negara Asia Tenggara Di Sebelah Timur Laos

A) Melompati rintangan. b) Senam dengan tongkat. C. Itu tergantung pada kombinasi ayunan. D. Variasi dan kombinasi pola gerakan untuk lemparan, pantulan, putaran, dan putaran samping. e. Variasi dan kombinasi dari leans, bounces, spins dan forward rolls. F. Variasi dan kombinasi gerakan tilt, bounce, spin dan reverse reel. G. Variasi dan kombinasi pola gerakan miring, memantul, berputar dan mendarat pada tumpuan di atas peti. Tes pengetahuan A. Pilih jawaban yang benar! 1. Randy dan teman-temannya menunjukkan lilin. Posisi awal posisi candle adalah . . . . A. berdiri tegak B. berjongkok C. tidur telentang D. tidur tengkurap 2. Handy dan teman-temannya membuat infeksi berantai. Variasi gerakan satu kaki yang dilakukan Handy dan kawan-kawan adalah . . . . A. mengangkat kaki yang lain B. berpindah tempat C. melompati rintangan D. mengayunkan kaki ke samping 3. Perhatikan gambar dari samping! Aktivitas seperti gambar menunjukkan variasi pola gerakan satu kaki dengan variasi. . . . A. keseimbangan B. ayunan C. pendaratan D. pantulan Latihan aktif – Budaya fisik, olahraga dan kesehatan 137

4. Pada jurus Kayayang, bagian tubuh yang menjadi tumpuan adalah . . . . A. perut B. bahu C.

Pola gerak, rangkaian gerak senam, gerak senam hamil, sebutkan pola gerak dominan pada senam, pola gerak dasar, gerak senam kegel pria, rangkaian gerak senam irama, setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan, gerak senam, gerak senam aerobik, gerak senam lantai, pola gerak dominan senam