Pacitan

Tiga Partai Walk Out, Mundur dari Paripurna Anggaran karena Tanpa Draf

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum (PU) fraksi tentang R-APBD 2021 memanas Kamis (5/11). Kondisi itu dipicu aksi walkout (WO) seluruh anggota Fraksi Gabungan Gerakan Keadilan Pembangunan (GKP). Terdiri Handaya Aji, Bambang Margono, Agus Setyanto, Ririn Subianti, Samsuri, dan Sediono.

Kejadian bermula ketika rapat baru dimulai. Saat itu, Ketua Fraksi Gabungan GKP Handaya Aji melancarkan interupsi kepada pimpinan sidang. Dia menilai pelaksanaan paripurna tersebut cacat formil. Sebab, dewan belum menerima draf R-APBD 2021 dan dokumen lainnya seperti rencana kegiatan anggaran (RKA) masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). ‘’Atas dasar tersebut, kami kemudian memilih WO,’’ katanya.

Tanpa ada dokumen yang dimaksud, Handaya menganggap telah menyalahi Permendagri 64/2020 tentang Tata Cara Pembahasan APBD 2021. Selain itu, membuat pihaknya kesulitan dalam melakukan pembahasan anggaran karena tidak ada bahan yang dapat dijadikan acuan. ‘’Bagaimana kami membuat PU fraksi kalau drafnya saja belum ada,’’ ujar politisi PKS tersebut.

Menurutnya, rapat paripurna kemarin telah mencederai demokrasi. Karena pihaknya tidak dapat mengambil kebijakan strategis dalam menentukan prioritas anggaran tahun depan. ‘’Kita akan tanggapi kalau sudah ada (draf). Yang pasti ini menjadi catatan besar dan keprihatinan kami,’’ tuturnya.

Sekalipun anggota Fraksi Gabungan GKP walk out, rapat paripurna siang itu tetap dilanjutkan sesuai agenda. Meski sempat ditunda setengah jam.

Bupati Pacitan Indartato mengaku draf R-APBD memang belum tercetak. Karena pihaknya masih menyesuaikan perubahan sistem dan nomenklatur penyampaian draf R-APBD sesuai yang ditetapkan Mendagri. Dari sebelumnya Likln, berubah menjadi SIPD. ‘’Selain itu, jaringan internet lambat sehingga membuat kami kesulitan untuk mengakses. Sebenarnya tanpa draf pun tidak mengurangi arti,’’ kata bupati dua periode itu. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button