Ponorogo

Tiga Orang PPDP Positif

Hingga Kemarin 130 Pasien Terkonfirmasi

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kurva kasus terkonfirmasi Covid-19 di Bumi Reyog terus naik. Hingga Minggu (19/7) mencapai 130 pasien. ‘’Penambahan kasus hanya dapat kita kendalikan dengan cara meningkatkan kedisiplinan, kewaspadaan, saling menjaga, dan saling mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,’’ kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.

Ipong menyebut, kemarin ada tambahan enam kasus baru. Pertama dan kedua, laki-laki 41 tahun dan perempuan 62 tahun asal Gondowido, Ngebel. Kasus bermula dari kejadian yang dilaporkan pada 12 Juli 2020. Yakni, seorang warga Ngebel meninggal mendadak dengan riwayat perjalanan dari Jakarta sepekan sebelumnya.

Pemakaman sudah mengacu protokol Covid-19. Kemudian dilakukan tracing dan pengambilan swab delapan orang kontak erat. ‘’Hari ini (kemarin, Red) didapatkan dua orang positif. Menurut hasil tracing, sehari sebelum meninggal almarhum menggelar selamatan dengan melibatkan kurang lebih 84 orang,’’ terangnya.

Tambahan pasien ketiga, keempat, dan kelima, tiga laki-laki masing-masing dari Karangpatihan, Balong; Bancar, Bungkal; serta Ngilo-ilo, Slahung. ‘’Ketiganya terlacak dari hasil reaktif saat rapid test petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Setelah diperiksa swab didapatkan hasil positif,’’ beber Ipong.

Tambahan keenam, perempuan 22 tahun yang baru pulang dari Surabaya 5 Juli. Pada 8 Juli mengeluh demam dan memeriksakan diri ke Puskesmas Ngrandu. Hasil rapid test reaktif dan polymerase chain reaction (PCR) positif.

Sebaran 130 kasus itu berasal dari sejumlah kelompok kasus. Antara lain, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) 2 sebanyak 43 kasus, riwayat Surabaya 23 kasus, Temboro 13, Ronowijayan 13, Asrama Haji Sukolilo 8, Panjeng 4, dan lainnya 26. ‘’Masyarakat harus lebih meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol pencegahan Covid-19, terutama jika terpaksa pergi pulang dari daerah zona merah,’’ tegas bupati. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close