MadiunPendidikan

Tiga Hari MPLS Daring Dikemas Semenarik Mungkin

Username Wajib Login, Tak Ada Siaran Ulang

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dalam jaringan (daring) menuntut kreativitas pelaksananya. Meski tak ada aturan khusus, materi disampaikan dengan semenarik mungkin agar tak membosankan bagi peserta yang mengikutinya dari kejauhan.

Tim Ahli IT SMPN 04 Kota Madiun Samuel Lucky Santoso menyebut tak ada aturan khusus terkait metode pelaksanaan MPLS daring. Timnya telah mempersiapkan materi video sepekan sebelum pelaksanaan. Lalu disusun dalam website sesuai jadwal yang telah ditentukan. Secara mandiri siswa baru harus menyimak sesuai jam yang telah dijadwalkan. Jika terlambat, materi tidak bisa diakses kembali. ‘’Kami tetap tekankan kedisiplinan,’’ tegasnya Rabu (15/7).

Untuk materi berikutnya, lanjut Samuel, baru bisa diakses setelah waktu dari materi sebelumnya habis. MPLS dilakukan mulai pukul 07.00-12.00. Kehadiran siswa baru dapat dilihat pada server. Karena setiap siswa baru memiliki user name dan pasword yang telah terdaftar di akun server. Sehingga username yang tidak pernah online akan terlihat. ‘’Bagi username yang tak pernah login akan kita tegur. Apakah karena keterbatasan paket data atau ada alasan lainnya,’’ ungkapnya.

Samuel tak menampik MPLS daring membosankan. Jika penyampaian materi secara virtual tidak menarik. Karenanya, video dibuat kekinian dengan meniru tontonan remaja di YouTube dan Instagram. ‘’Kita gunakan bahasa yang tidak terlalu rumit dan membangun suasana santai agar tidak terkesan formal,’’ terangnya.

Ketua OSIS SMAN 01 Kota Madiun Donny Setiawan mengaku juga telah menyiapkan materi sejak sebulan lalu. Meski, MPLS daring secara resminya baru diputuskan sepekan terakhir. ‘’Persiapannya memang rumit. Karena harus menyiapkan fasilitas broadcasting yang menyambungkan antara pemateri dengan peserta via aplikasi Zoom,’’ katanya.

Beruntung, salah satu ekstrakurikuler IT berhasil membuat saluran siaran langsung. Sehingga live Zoom yang dilakukan mulai pukul 08.00-11.00 berjalan lancar. ‘’Demi mendapatkan hasil maksimal, kami sengaja membuat studio broadcasting untuk tempat siaran langsung. Setting tempatnya dua hari,’’ ujarnya.

Seluruh materi MPLS daring disampaikan secara live. Sedangkan promosi kegiatan ekstrakurikuler cukup melalui video profil setiap kegiatan. Live Zoom berlangsung tiga jam, diselipi hiburan untuk mengusir kebosanan. ‘’Di sekolah kami ada 320 siswa baru yang mengikuti MPLS daring. Terbagi sembilan gugus. Masing-masing gugus beranggotakan 36 siswa didampingi dua penanggung jawab,’’ urainya.

Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 01 Kota Madiun Supriyanto mendorong seluruh panitia membuat MPLS daring semenarik mungkin. Agar pelaksanaannya selama tiga hari (13-15/7) dapat diikuti seluruh siswa baru dengan maksimal. ‘’Panitia sampai membuat studio sendiri untuk membangun suasana yang menyenangkan bagi siswa baru,’’ katanya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close