Ngawi

Tiga Hari Dua Orang Gantung Diri

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kasus bunuh diri di Ngawi semakin menjadi. Bahkan, dalam kurun tiga hari terakhir terdapat dua orang gantung diri. Kasus terbaru dilakukan Sukardi warga Dusun Pohjenggel, Desa Katikan, Kecamatan Kedunggalar. Lelaki 52 tahun tersebut tewas menggantung di area kebun jati rumahnya Senin (13/4).

Adalah Sarjono, tetangga Sukardi yang mengetahui peristiwa tersebut. Saat itu Sarjono kebetulan sedang melintas di kebun tersebut. Dia mendapati Sukardi sudah gantung diri dengan menggunakan tali tambang yang diikatkan di ranting pohon jati. ‘’Dari hasil pemeriksaan terhadap saksi diduga kuat korban melakukan gantung diri karena depresi,’’ kata Kapolsek kedunggalar AKP Sukisman.

Sebelumnya kasus serupa juga dilakukan Wagimin, warga Desa/Kecamatan Ngrambe pada Sabtu (11/4) lalu. Kakek 72 tahun itu nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di blandar samping rumah. Dugaan sementara Wagimin mengalami depresi karena sakit asma yang dideritanya tidak kunjung sembuh.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ngawi Tri Pujo Handono tak menampik kalau kasus bunuh diri di wilayahnya cukup banyak. Mayoritas dipicu karena depresi dan masalah ekonomi. ‘’Beberapa kasus ada juga dikarenakan faktor putus cinta,’’ imbuhnya.

Tri mengungkapkan kasus bunuh diri sebenarnya dapat ditekan dengan memperkuat interaksi sosial. Selain itu, mempertebal ilmu agama juga dinilai penting untuk menghindari perbuatan nekat mengakhiri hidup. ‘’Setiap orang memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah berbeda-beda, ada yang kuat dan ada yang cenderung lemah. Maka dari itu pentingnya untuk sharing kepada orang lain tentang pemasalahan yang dihadapi merupakan hal yang penting,’’ terangnya. (mg1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close