Mejayan

Tiga Desa di Gemarang Krisis Air Bersih

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Krisis air bersih tidak hanya melanda Dusun Seklueng. Namun juga melanda tiga desa di Kecamatan Gemarang. Dimungkinkan bakal berlangsung lama. ‘’Untuk penanganan darurat, paling tidak bisa selesai minggu depan,’’ kata Kepala Bidang Teknik PDAM Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun Sutrisna Jumat (8/4).

Sutrisna mengungkapkan, kerusakan terjadi pada pipa saluran air sepanjang dua kilometer. Rangkaian pipa besi itu putus diterjang air bah Sungai Beji di Desa Durenan, Gemarang, Kamis lalu (1/4). Dampaknya, pasokan air bersih ke Desa Batok, Durenan, dan Winong mati total. ‘’Ada sekitar 1.100 pelanggan di tiga desa itu, dari saluran PDAM unit Gemarang,’’ sebutnya.

Sutrisna menuturkan, tindakan emergency telah dilakukan pasca kejadian. PDAM membuat saluran sementara menggunakan pipa PVC 4 dim. Stok paralon PDAM Kabupaten Madiun langsung diturunkan ke lokasi untuk menggantikan pipa besi. ‘’Kemungkinan saluran darurat itu selesai dikerjakan minggu depan. Saat ini sudah sekitar 1,2 kilometer terpasang,’’ ungkapnya sembari menyebut pemasangan terkendala medan terjal. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button