Ngawi

Tiga Bulan Tak Berkesenian, Pekerja Seni Wadul Dewan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sejumlah pekerja seni di Ngawi Selasa (23/6) mendatangi kantor DPRD setempat. Mereka sengaja menemui wakil rakyat di lembaga legislatif untuk menyampaikan aspirasi soal keinginan kembali menggelar aktivitas berkesenian. ‘’Harapannya pemda segera memberikan lampu hijau agar kami bisa bekerja lagi,’’ ujar Karyani, ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Ngawi.

Karyani mengatakan, pihaknya merasa perlu mendapat kepastian dapat melakukan aktivitas kesenian lagi. Pasalnya, sejumlah sektor lain seperti perdagangan dan wisata sudah mendapat sinyal bisa beroperasi kembali pada 1 Juli mendatang. ‘’Inginnya kami juga diizinkan mengadakan pementasan lagi. Entah itu wayang kulit, campursari, dan sebagainya,’’ ujarnya usai audiensi dengan DPRD.

Dia menyebut, para pekerja seni yang di Bumi Orek-Orek jumlahnya mencapai seribu lebih sudah hampir tiga bulan vakum dari kegiatan berkesenian. Padahal, mayoritas dari mereka menjadikan aktivitas tersebut sebagai sumber utama penghasilan. ‘’Kami tidak keberatan jika memang harus menerapkan protokol kesehatan, yang penting diberi sedikit kelonggaran supaya bisa aktif lagi,’’ tuturnya.

Selain para pekerja seni, audiensi dengan DPRD kemarin juga diikuti sejumlah camat dan kepala desa. Hadir pula unsur kepolisian dan pejabat Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Ngawi. ‘’Tidak masalah kalau ada ketentuan yang harus kami patuhi, asalkan peraturannya jelas,’’ tegasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close