Ponorogo

Tiga Bulan Permak Jalan yang Dibiayai Pinjaman

Berkejaran dengan Waktu, Mampu?

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pemkab Ponorogo tidak punya banyak waktu untuk mengeksekusi proyek infrastruktur yang dibiayai utangan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Persiapan disusun sebelum melempar ratusan proyek permak jalan rusak ke bursa lelang. ‘’Selasa depan (6/10) targetnya sudah mulai lelang,’’ kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono Kamis (1/10).

Pemkab dan SMI meneken kerja sama pinjaman Rp 200 miliar pekan lalu. Dalam akadnya, duit itu harus direalisasikan untuk perbaikan infrastruktur tahun ini. Praktis, waktu yang tersisa kurang dari tiga bulan. Pemkab berencana memperbaiki 179 ruas jalan yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Panjang ruas jalan yang akan dipermak mencapai 187 kilometer. Sejatinya, di APBD 2020 sudah dianggarkan perbaikan ratusan ruas jalan tersebut. ‘’Tapi, karena pandemi, banyak anggaran infrastruktur daerah yang harus direalokasi untuk penanganan Covid-19,’’ ujarnya.

Pemkab juga menyiapkan berkas pengajuan untuk pencairan tahap pertama kepada SMI. Agus mengklaim, pelaksanaan program ini lebih ketat dari program pusat lainnya. Banyak hal diatur mengenai tenaga kerja, bahan baku, dan lainnya. ‘’Bahkan, kondisi ruas jalan yang akan diperbaiki, dalam kondisi nol, juga harus dilaporkan,’’ bebernya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Ponorogo Sumarno menambahkan, pembangunan infrastruktur yang dibiayai dana pinjaman ini lebih rumit dibanding proyek biasa. Lantaran bertajuk pemulihan ekonomi. ‘’Banyak teknis diatur ketat,’’ katanya.

Tenaga kerja, misalnya. Harus menyerap sekian persen tenaga kerja lokal. Bahan baku lokal juga diatur ketat. Harapannya ada multiplier effect dari proyek tersebut. Tujuannya, meningkatkan kualitas jalan. ‘’Dampak sosial dan ekonomi yang diharapkan banyak. Sesuai tujuan pemerintah, demi memulihkan ekonomi,’’ ujarnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close