Ponorogo

Tiga Bulan Awal Pembangunan Pasar Legi, PT APG Fokus Pemancangan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Waktu pembangunan Pasar Legi dipatok sepuluh bulan. Pemerintah pusat meyakini PT Adhi Persada Gedung (PT APG) sanggup menuntaskan megaproyek sesuai target klir pada akhir tahun ini.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jatim Kementerian PUPR Dardjat Widjunarso mengatakan, saat ini PT APG tengah merampungkan penancapan tiang pancang konstruksi pasar empat lantai tersebut. ‘’Targetnya, Mei kami harapkan semua sudah naik untuk konstruksi di lantai satu,’’ ujarnya.

Dardjat mengungkapkan, PT APG kini tengah berusaha memanfaatkan waktu yang tersisa semaksimal mungkin. Sebab, pekerjaan konstruksi pasar cukup besar. Pasar dengan konsep bangunan gedung hijau (BGH) itu membutuhkan sedikitnya 1.300 tiang pancang untuk konstruksinya. Itu yang saat ini menjadi prioritas. ‘’Kalau kondisi lapangan memungkinkan, PT APG akan bekerja 24 jam. Tentu dengan mempertimbangkan faktor keselamatan, lingkungan, dan cuaca,’’ jelasnya.

Jika cuaca bersahabat, pengerjaan proyek tidak akan terhenti barang sehari. Para pekerja PT APG akan dikerahkan selama 24 jam sepanjang cuaca dan lingkungan mendukung. Dardjat meyakini PT APG kompeten dan memiliki track record bagus dalam menangani pembangunan gedung. ‘’Pemancangan segera diselesaikan. Itu bagian dari langkah-langkah percepatan dalam pembangunan Pasar Legi,’’ tutur Dardjat sembari berharap hujan tidak terlalu menjadi kendala proyek senilai Rp 165 miliar itu.

Pasar Legi dibangun di atas lahan seluas 32.170 meter persegi. Dibangun empat lantai; tiga lantai terbawah akan dilengkapi parkir. Berkaca dari insiden kebakaran sebelumnya, pasar akan dilengkapi sistem proteksi pengamanan terhadap kebakaran. Berbagai titik akan dipasangi hidran. Juga dipasangi sprinkler di seluruh lantai. ‘’Saat ini sudah ada langkah-langkah percepatan,’’ ujarnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close