Madiun

Tiga Bulan, 46 PNS Pemkot Madiun Pensiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sedikitnya 46 pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Madiun memasuki masa pensiun pada triwulan kedua tahun ini. Jumlah itu terbagi dalam tiga terhitung mulai tanggal (TMT). Perinciannya, TMT April 12 PNS, Mei 15 PNS, dan Juni 19 PNS. ‘’Surat keputusan (SK)-nya kami serahkan Senin (17/2),’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun Haris Rahmanudin Selasa (18/2).

PNS yang purnatugas, eselon II satu orang, eselon III dua orang, eselon IV tujuh orang, jabatan fungsional 28 orang, dan pelaksana teknis delapan orang. ‘’Purnanya menyesuaikan TMT masing-masing,’’ ujarnya.

Setelah purnatugas, tunjangan pensiun diberikan rutin hingga yang bersangkutan meninggal dunia. Besarannya sekitar 75 persen dari gaji pokok sesuai golongan dan jabatan terakhir. ‘’Untuk tunjangan pensiun langsung diberikan setelah TMT berlaku,’’ terang Haris.

Untuk kekosongan pos-pos yang ditinggal pensiun, pihaknya bakal mengisinya bertahap. Termasuk eselon II atau setingkat kepala dinas. Dari total PNS purnatugas, Haris memastikan tidak ada yang mengajukan pensiun dini. Bahkan, tahun lalu hanya seorang PNS yang mengajukan pensiun dini. ‘’Karena ada alasan tertentu. Pun sudah memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditetapkan,’’ tuturnya.

Sesuai aturan yang berlaku, syarat utama pensiun dini minimal telah berusia 50 tahun dan masa kerja lebih dari 20 tahun. Selain itu, ada alasan jelas. ‘’Yang bersangkutan mengajukan ke BKD. Tapi, keputusan tetap berada di kepala daerah. Yang mengajukan pensiun dini sangat langka,’’ sebutnya. (kid/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close