Magetan

Tiga Apill Usang Butuh Peremajaan, Anggaran Tersedia Sebatas untuk Pemeliharaan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sedikitnya ada tiga alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di wilayah Magetan butuh peremajaan. Titiknya di sekitar RSUD dr Sayidiman, perempatan Barat, dan perempatan Gorang-Gareng. Usia lampu bangjo tersebut sudah berumur.

Tidak hanya itu, sebagian lampu lalu lintas tersebut tiangnya keropos. Wajar karena tiangnya dari besi sehingga termakan usia. Belum lagi dari sisi material perlu dilakukan penggantian. Seperti lampu dan elektronik lainnya.

Kondisi paling parah ada di perempatan Gorang-Gareng. Peralatan yang terpasang sudah berumur lebih dari 10 tahun. Ditambah lagi ini yang kali pertama terpasang. Modelnya masih jadul, tidak modern seperti saat ini. ‘’Perbaikan sebatas seperlunya. Karena memang anggarannya terbatas,’’ kata Kabid Ketertiban Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan Oentoro Budi.

Dia menyebutkan alokasi anggaran pemeliharaan APILL hanya tersedia Rp 123 juta. Sedangkan, yang harus di-cover berjumlah 57 APILL. Belum lagi pada tahun ini pihaknya tidak mendapatkan jatah pengadaan APILL baru. ‘’Pemeliharaan bakal lebih mahal kalau ganti mesin. Tentunya dengan anggaran segitu tidak cukup,’’ ungkapnya.

Oentoro menerangkan, persoalan dapat diatasi apabila pengajuan anggaran penambahan APILL disetujui tahun depan. Dengan begitu, APILL yang kondisinya sudah usang saat ini bisa diganti. Tetapi, pada kenyataannya ketika dalam proses pembahasan jumlah yang disetujui untuk pengadaan atau pemeliharaan APILL tidak sesuai dengan pengajuan. ‘’Kalau sudah begitu kami yang repot ketika ada APILL rusak,’’ ucapnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close