PolitikPonorogo

Tidak Penuhi Unsur Pidana Pilkada, Bawaslu Hentikan Pemeriksaan Ipong 

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo menghentikan pemeriksaan dugaan pidana pemilu dengan terlapor cabup Ponorogo nomor 2 Ipong Muchlissoni. Sebab, laporan Engky Bastian alias Eba dinilai tidak memenuhi unsur-unsur dalam UU 10/2016 tentang Pilkada.

Sebelumnya, Eba melaporkan proyek perbaikan jalan Pemkab Ponorogo Rp 200 miliar yang dibiayai pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) ke Bawaslu. Dia menuding program tersebut menguntungkan Ipong. ‘’Keputusan diambil sentra penegakan hukum terpadu (gakkumdu), Minggu (4/10),’’ kata Kordiv Hukum Humas Data dan Informasi Bawaslu Ponorogo Sulung Muna Rimbawan Senin (5/10).

Sulung menyampaikan, upaya pembuktian oleh pelapor sudah dilalui. Pihak terlapor dan sejumlah pejabat pemkab juga telah dimintai keterangan. Pun saksi ahli telah dimintai pendapatnya. Kesimpulannya, tidak memenuhi unsur-unsur dalam pasal 71 ayat 1, 2, 3, dan 5 UU Pemilu. ‘’Tidak ada yang dilanggar dari empat ayat itu,’’ sebutnya.

Sulung menjelaskan, utang dari PT SMI kepada Pemkab Ponorogo untuk pembangunan infrastruktur daerah. Bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Saat perjanjian kerja sama diteken Ipong 22 September, statusnya kepala daerah. Namun, tidak untuk menguntungkannya sebagai cabup. ‘’Sehingga, pinjaman ini tidak merugikan atau menguntungkan paslon tertentu,’’ terangnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close