Ngawi

Tiadakan Penyembelihan Hewan Kurban

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Suasana Idul Adha di Masjid Agung Baiturrahman, Ngawi, tahun ini dipastikan berbeda dari biasanya. Pasalnya, kali ini tidak ada kegiatan penyembelihan hewan kurban. ‘’Untuk menghindari adanya kerumunan warga,’’ kata Salimoel Amien, sekretaris takmir masjid setempat, Rabu (29/7).

Salimoel menuturkan, sebelumnya ada opsi tetap menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. Penyaluran dagingnya dilakukan dengan cara dikirim door-to-door. ‘’Tapi akhirnya tidak jadi dilaksanakan, karena akan sulit melarang warga datang ke masjid,’’ sebutnya.

Kendala lain, adanya pembangunan tempat pedagang kaki lima (PKL) di utara masjid hingga space penyembelihan hewan kurban menjadi sempit. ‘’Biasanya butuh tempat yang luas, karena di sini setiap tahun rata-rata menyembelih enam ekor sapi dan 20 kambing,’’ ungkapnya.

Bagaimana dengan pelaksanaan salat Idul Adha? Salimoel mengatakan, kelak dilaksanakan di dua tempat. Jamaah laki-laki di dalam masjid, sedangkan perempuan di lapangan alun-alun. Sebagian lainnya ditampung di area sekitar masjid. ‘’Kami perkirakan jumlah jamaahnya nanti antara 700 sampai seribuan,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close