Magetan

THR ASN Magetan Telan Rp 36,5 Miliar

MAGETAN – Tunjangan hari raya (THR) yang ditunggu-tunggu oleh 8.046 aparatur sipil negera (ASN) itu akhirnya datang juga. Pemkab berencana mencairkan tunjangan yang biasa disebut gaji ke-14 itu pada Senin (27/5) mendatang.

Kepala BPPKAD Magetan Suci Lestari mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 36,5 miliar untuk pencairan THR bagi PNS dan CPNS. Proses pencairannya dilakukan secara nontunai. ‘’Diharapkan THR itu nantinya dapat digunakan oleh para PNS dan CPNS untuk mencukupi kebutuhan saat Lebaran,’’ kata Suci kepada Jawa Pos Radar Magetan Jumat (24/5).

Dia menjelaskan besaran penerimaan THR itu berbeda-beda. Semua bergantung pada besaran gaji pokok pegawai sesuai golongan. Di tambah dengan tunjangan keluarga, tunjangan umum, dan tunjangan jabatan. ‘’Pedoman pencairan THR berdasarkan perbup,’’ ujarnya.

Kendati demikian, Suci mengungkapkan para tenaga honorer maupun tenaga harian lepas (THL) di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) tidak kecipratan THR. Jumlahnya ada sekitar 300 orang GTT dan PTT yang tak kebagian tunjangan keagamaan tersebut.

Pasalnya, dalam PP 36/2019 memang disebutkan bahwa mereka yang berhak menerima THR adalah ASN dan CPNS dengan besaran sesuai tugas dan jabatannya. ‘’Di sisi lain, dalam APBD juga tidak mencantumkan tentang alokasi anggaran THR bagi para tenaga honorer itu,’’ ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjut Suci, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Karena regulasi yang diatas mengatur demikian. ‘’Saya tidak mau melangkahi PP tersebut,‘’ tandasnya. (mgc/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close