Magetan

TGTPP Covid-19 Magetan Kirim 19 Swab ODR ke Surabaya

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Jumlah orang dengan risiko (ODR) di Magetan terus bertambah. Terbaru, 19 warga diambil swab-nya untuk diperiksa di laboratorium Surabaya dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

Belasan orang itu merupakan hasil penelusuran terhadap tiga pasien tambahan positif Covid-19 yang hasil swab-nya telah diumumkan pada Minggu lalu (10/5). ‘’Kami kirim Senin (11/5). Saat ini masih menunggu hasil tesnya,’’ kata Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Magetan Saif Muchlissun Selasa (12/5).

Muchlis –sapaan Saif Muchlissun- menjelaskan, ke-19 warga yang diambil sampel swab-nya itu saat ini tidak sedang menjalani isolasi mandiri. Semuanya masih tetap beraktivitas seperti biasa. Pun, kesehatannya dalam kondisi baik.

Menurut Muchlis, tak diisolasinya belasan warga yang terlibat kontak fisik dengan pasien positif ke-51, 52, dan 53 itu lantaran mereka masuk kategori ODR. Bahkan, tak hanya mereka yang dikategorikan ODR. ‘’Karena semua orang berpotensi menularkan dan tertular virus korona,’’ ujarnya.

Selain menelusuri siapa saja yang terlibat kontak erat dengan pasien, tim gugus tugas juga berupaya melacak asal muasal penularan virus.  Itu mengingat ada pasien yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Yakni, pasien ke-52 yang tiba di Magetan pada 20 April lalu. ‘’Kami tidak mau berandai-andai dari mana tertularnya dan tidak akan menyalahkan daerah lain,’’ tegasnya.

Jumlah kasus positif korona di Magetan saat ini mencapai 53. Terbanyak ditemukan di kawasan Pondok Pesantren Al Fatah, Temboro, Karas. Belakangan muncul kasus baru di luar Kecamatan Karas. Tim pun bergerak mengamankan lingkungan sekitar tempat tinggal pasien. Mulai penyemprotan disinfektan hingga melakukan lockdown lokal.

‘’Kasus di luar Temboro memang kecil, tapi kami tidak ingin lengah. Tetap kami tangani sama supaya penyebarannya tidak semakin meluas,’’ pungkasnya. (bel/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close