Madiun

Tes Cepat, WSL Langsung Reaktif

Tiga Hari Dua Malam Bersama Kerabat Surabaya

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Warga dari Surabaya yang bertamu ke rumah WSL, 37, sebaiknya lekas memeriksakan diri. Sebab, keluarga yang dikunjunginya tiga hari dua malam itu terkonfirmasi positif korona Senin (13/7).

Pasien nomor 22 itu merupakan laki-laki yang tinggal sendirian di Kelurahan Demangan, Taman. Dia positif terpapar severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) pasca kedatangan kerabat dari Surabaya. ‘’Tiga hari sebelum kedatangan kerabatnya, pasien nomor 22 itu sempat mengeluhkan sakit pada 23 Juni lalu,’’ kata Jubir TGTPP Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah.

Setelah saudaranya kembali ke Kota Pahlawan, WSL tak kunjung sembuh. Setelah menjalani rapid test pada 8 Juli, hasil tes cepat imuno dan serologi SARS-Cov-2 antibody test itu langsung reaktif. ‘’Di hari sama yang bersangkutan langsung menjalani swab test PCR (polymerase chain reaction, Red). Empat hari berselang, hasilnya juga positif Covid-19,’’ bebernya.

Dari pelacakan (tracing) yang dilakukan, hanya seorang kerabat yang kontak erat. Selain itu tak ada lagi karena yang bersangkutan tinggal sendirian di rumahnya. Penambahan kasus ini menjadi peringatan agar warga lebih mendisiplinkan pendatang dari luar kota. Segala kemungkinan bisa terjadi, seperti yang patut diwaspadai kerabat Surabaya selepas berkunjung ke rumah pasien nomor 22. ‘’Ketika kemarin sudah zona hijau, masyarakat justru menganggap sudah bebas. Sebetulnya tidak demikian,’’ ungkapnya.

Aflah menambahkan, pemkot terus memaksimalkan posko penanganan Covid-19 di setiap kelurahan. Tiga pilar bersama masyarakat ditugasi mendeteksi setiap pendatang di lingkungan. ‘’Menekan laju persebaran korona jadi tanggung jawab bersama,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *