News

Terumbu Karang Yang Paling Panjang Di Seluruh Indonesia Adalah

×

Terumbu Karang Yang Paling Panjang Di Seluruh Indonesia Adalah

Share this article

Terumbu Karang Yang Paling Panjang Di Seluruh Indonesia Adalah – Peneliti asal Denpasar Bali baru-baru ini berhasil menemukan spesies karang langka di perairan Bali. Manajer jaringan Bally MPA, iMed Evan Devanta mengatakan, karang jenis ini termasuk dalam keluarga Euphelia.

“Kami menyelam di seluruh perairan Bali pada tahun 2011. Untuk mempelajari secara menyeluruh kondisi terumbu karang yang kami miliki, kondisi di bawah air,” ujarnya saat jeda konferensi pers. Reff” baru-baru ini di Pasar.

Terumbu Karang Yang Paling Panjang Di Seluruh Indonesia Adalah

Ia menambahkan, ketika ditemukan spesies baru tersebut, tim langsung menamakannya Euphelia balensis karena hanya ditemukan di perairan Bali.

Taka Bonerate, Surga Bawah Laut Di Timur Indonesia

Setelah diteliti ternyata terumbu karang tersebut hanya berasal dari Bali. Karang ini merupakan satu-satunya di dunia, Euphelia blanensis, yang hidup di kawasan tersebut. Bisa tumbuh hingga seukuran meja, bahkan kecil dan besar.

Karang ini berada di kawasan yang sama. Kehadirannya masih bagus hingga saat ini. Letaknya di kedalaman 29 meter.

Ia menambahkan, “Bisa sebesar meja, bisa kecil atau besar. Ia bisa hidup dengan baik di kedalaman 29 meter.”

Karang jenis ini mirip dengan bunga Jepang atau Kamboja, ujarnya. Bentuknya tipis seperti karpet, namun memiliki mahkota seperti bunga.

Destinasi Surga Bawah Laut Di Indonesia

Dewan berupaya mendorong beberapa wilayah di Bali untuk dimasukkan dalam UU Zonasi sebagai Kawasan Konservasi Laut karena alasan lingkungan dan ekonomi.

“Kemarin ada kebijakan penambangan pasir. Kami berharap karang tetap bertahan dan dilindungi undang-undang,” kata Ivan. (Terima kasih Deviantha)

* Fakta atau Fiksi? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silahkan cek kebenaran nomor 0811 9787 670 di WhatsApp dengan mengetikkan kata yang diperlukan.

Jadwal final BWF World Games 2023, Minggu 17 Desember 2023: China incar 4 gelar, 1 sudah di tangan JAKARTA – Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pemerintah Indonesia menyiapkan rencana besar untuk menghidupkan kembali karang laut. Berlokasi di Bali, proyek restorasi terumbu karang ini mencakup area seluas 50 hektar dengan biaya Rp 115 miliar dan melibatkan 11.000 orang.

Spot Diving Di Indonesia Terbaik & Mendunia

Menteri Kelautan dan Investasi Luhut Bansar Panjitan mengatakan, “Proyek ini akan melibatkan 11.000 orang dan restorasi terumbu karang seluas 50 hektar dan menelan biaya sekitar Rp 115 miliar.” . (24/9/2020).

Restorasi terumbu karang akan dilakukan di Nusa Dua, Sanur, Attock, Pantai Pandawa, dan Balilang. Lohit mengatakan, proyek restorasi ini merupakan yang terbesar di Tanah Air.

Pemerintah berharap proyek restorasi ini dapat membalikkan kerusakan yang terjadi pada terumbu karang. Serta mempromosikan wisata bahari di Bali yang mengalami penurunan akibat Covid-19.

Baca Juga  Apa Saja Ciri Utama Karya 3 Dimensi

Dengan kondisi kerusakan terumbu karang di Indonesia, Menteri Pengelolaan Lohat meminta agar seluruh cara atau cara restorasi karang yang ada dapat diterapkan dan diuji coba di perairan Nusa Dua Bali agar Nusa Dua menjadi pusatnya membawa kembali karang tersebut. Di Indonesia

Demi Pulihkan Ekosistem, 900 Fragmen Karang Ditanam Di Bunaken

“Secara khusus saya mengajak pemerintah Amerika dan NOAA untuk bekerja sama menjadikan ICRG Nusa Dua sebagai pusat restorasi karang dunia,” ujarnya.

Terletak di jantung Segitiga Terumbu Karang, Indonesia merupakan rumah bagi beberapa biota laut terindah di dunia, termasuk 569 spesies karang.LIPI mencatat, Indonesia memiliki 18 persen total terumbu karang dunia.

Namun, lebih dari 36 persen mengalami kerusakan. Kerugian ini disebabkan oleh pencemaran air, aktivitas penangkapan ikan dan pemanasan global yang menyebabkan pemutihan karang.

Selain itu, kerusakan terumbu karang tidak selalu disebabkan oleh aktivitas manusia. Namun menurut Lohat, pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang melibatkan seluruh pemerintah dan swasta akan memperbaikinya.

Perjanjian Konservasi Terumbu Karang

“Selanjutnya dengan menjaga terumbu karang, Indonesia dapat menghasilkan 16 juta ton ikan per tahun mengingat terumbu karang merupakan rumah bagi ikan dan biota laut lainnya.”

* Fakta atau Fiksi? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silahkan cek kebenaran nomor 0811 9787 670 di WhatsApp dengan mengetikkan kata yang diperlukan.

Jadwal Final Tur Dunia BWF 2023, Minggu 17 Desember 2023: China Incar 4 Gelar, 1 Terumbu Karang di Teluk Aqaba Israel yang Sudah Ada di Tangannya, Tahan Terhadap Air Hangat yang Belum Pernah Dilihat di Dunia. Kredit Foto: Moaz Baik

Di bawah perairan Teluk Aqaba yang hangat dan jernih di ujung utara Laut Merah terdapat Israel, terumbu karang berwarna-warni. Saat matahari terbit, ikan-ikan muncul dari terumbu karang, begitu pula tempayan, penyu, dan gurita.

Kerusakan Terumbu Karang Terparah Di Bunaken

Pemandangan indah ini tidak terpengaruh oleh pemutihan yang melanda terumbu karang di tempat lain. Kebanyakan karang dapat bertahan hidup dalam kisaran suhu yang sempit. Saat lautan memanas, karang yang kuat melepaskan ganggang penghasil energi dan kehilangan warna. Ketika karang memutih dan mati, semua makhluk hidup bisa ikut hancur.

Karang seperti ini di Great Barrier Reef runtuh di perairan yang lebih hangat, meninggalkan permukaan yang memutih Foto: David Bellwood/ARC Center of Excellence for Coral Reef Studies/AP/Picture Alliance

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa 14% terumbu karang dunia telah hilang dalam waktu kurang dari sepuluh tahun. Hancur akibat pemanasan global, polusi dan degradasi lingkungan, jumlah terumbu karang di dunia telah berkurang setengahnya sejak tahun 1950. Para ahli memperkirakan bahwa 90% terumbu karang akan hancur dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga  Hambatan Dalam Memelihara Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Antara Lain

Namun, ada harapan datang dari pantai utara Laut Merah, karena air hangat yang terus berlanjut tidak berdampak pada terumbu karang Aqaba.

Ikan Tercantik Di Dunia Yang Mempesona

“Kami menemukan bahwa karang di Aqaba dapat menahan suhu hingga 27 derajat [C] di musim panas,” mengenai toleransi panas karang di Pusat Ilmu Kelautan Antar Universitas di Eilat, Israel. melakukan penyelidikan, katanya.

Fine dan timnya merancang akuarium untuk beradaptasi dengan kondisi masa depan di Laut Merah dan melakukan eksperimen tentang apa yang membuat karang Aqaba begitu tangguh.

Meskipun sebagian besar karang akan memutih dalam satu atau dua derajat dari kisaran normalnya, pengujian menunjukkan bahwa karang Aqaba dapat bertahan hidup pada suhu hingga enam derajat Celcius di atas suhu rata-rata dan mereka dapat hidup.

“Kami menguji sekitar 20 jenis karang berbeda dan semuanya menunjukkan ketahanan yang tinggi terhadap tekanan panas,” kata Fine. Meskipun suhu meningkat, karang tidak pernah memutih.

Menjelajahi Keindahan 9 Gugusan Terumbu Karang Terbesar Di Dunia

Tahanan panas ini diperkirakan berasal dari migrasi karang dari Samudera Hindia ke Laut Merah pada zaman es terakhir sekitar 20.000 tahun lalu.

Untuk mencapai Teluk Aqaba, karang harus melewati Teluk Aden dan bagian selatan Laut Merah yang suhu airnya lebih tinggi. Selama beberapa generasi, larva karang yang masih hidup berpindah ke utara dan menuju daerah yang lebih padat penduduknya dengan kondisi air yang lebih sedikit, namun tahan terhadap suhu yang lebih hangat.

“Karang-karang ini dipilih untuk suhu yang lebih hangat, namun mereka bertahan hidup pada suhu sekitar enam derajat di bawah titik pemutihan,” kata Fine.

Meskipun karang di beberapa daerah beradaptasi dengan perairan yang lebih hangat, Fine mengatakan tidak ada karang lain yang memiliki kesenjangan besar antara suhu air optimal dan ambang batas. “Ini adalah salah satu tempat di mana kita tahu karang akan bertahan dari pemanasan global,” katanya.

Apa Itu Segitiga Terumbu Karang?

Ketika terumbu karang menghadapi kehancuran besar-besaran di seluruh dunia akibat kenaikan suhu, para peneliti dan pelestari lingkungan berharap Laut Aqaba dapat menjadi surga bagi terumbu karang dunia lainnya.

Menurut Manuel Aranda, ahli biologi kelautan di Universitas Sains dan Teknologi King Abdullah di Arab Saudi, “Aqaba bisa menjadi cara untuk mengisi kembali terumbu karang jika karang mati di tempat lain.”

“Great Barrier Reef itu luasnya Italia. Kita tidak bisa menanam karang seperti menanam benih di darat,” ujarnya, karena menanam karang membutuhkan penyelam yang masuk ke dalam air dan menanam di hutan. edit dengan tangan.

“Biasanya dibutuhkan waktu beberapa generasi agar karang menjadi stabil,” kata Aranda. Namun, bumi memanas lebih cepat dari standar deviasi ini. Ia berharap dapat mempercepat pertukaran gen agar karang dapat terus tumbuh pada suhu: “Kami berharap satu sama lain, tidak perlu menanam karang, mereka akan berkembang biak dengan sendirinya.”

Baca Juga  Proses Pematangan Apel

Asa Pemuda Di Nusa Penida Bali, Ramai Ramai Restorasi Terumbu Karang Yang Terancam Perubahan Iklim

Cara tersebut masih membutuhkan waktu dan Fine belum yakin akan berhasil dalam skala besar. Mereka percaya bahwa alih-alih mencoba menanam karang di tempat lain, fokusnya harus pada pencarian dan perlindungan terumbu karang.

“Apa yang bisa kami tawarkan adalah pengetahuan, pemahaman tentang apa yang dipilih organisme di selatan ketika mereka memasuki Laut Merah dan apa artinya bagi toleransi suhu,” kata Fine.

Sekitar 25 persen dari seluruh spesies laut hidup di dalam dan sekitar terumbu karang, menjadikannya salah satu habitat terbanyak di dunia.

“Teluk Aqaba memiliki beragam ekosistem,” kata Ehab Eid, seorang konservasionis Yordania. “Di Yordania, kami menemukan 157 spesies karang dan lebih dari 500 spesies ikan. Lebih dari separuhnya bergantung pada karang.”

Bagaimana Sampah Plastik Membunuh Terumbu Karang

Selain menyediakan habitat penting bagi kehidupan laut, terumbu karang juga menyediakan makanan dan obat-obatan, melindungi batas laut, dan menopang kehidupan lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia.

Meskipun berada di ketinggian dan suhu yang tinggi, terumbu karang Aqaba rentan terhadap polusi dan kurangnya pembangunan perkotaan di sepanjang pantai, yang mengancam kehidupan banyak orang di Yordania, Israel, Arab Saudi dan Mesir yang mencari ikan di Selat Aqaba, dan mereka bergantung pada sumber daya alam. pada pariwisata.

Nelayan di Aqaba, Yordania, yang hasil tangkapannya bergantung pada kondisi karang, mengatakan hasil tangkapannya tidak sebaik dulu.Foto: Marta Vidal

“Karang sangat penting bagi ikan di sini,” kata Ibrahim Razi, yang telah bekerja sebagai nelayan di Aqaba, Yordania, selama lebih dari dua dekade. “Hidup kami bergantung pada mereka.” Ia dan nelayan setempat lainnya mengatakan, hasil tangkapan mereka mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Keanekaragaman Genetik Lamun Thalassia Hemprichii Dan Enhalus Acoroides Di Pesisir Jawa Timur

Para ilmuwan telah menyerukan perlindungan terumbu karang untuk memastikan bahwa pantai dapat menjadi tempat perlindungan bagi karang jika mereka selamat dari ancaman terhadap rumahnya, kata terumbu karang. “Teluk Aqaba

Terumbu karang indonesia, jenis terumbu karang di indonesia, persebaran terumbu karang di indonesia, manfaat terumbu karang adalah, terumbu karang di laut, terumbu karang di indonesia, terumbu karang adalah, potensi terumbu karang di indonesia, kerusakan terumbu karang di indonesia, konservasi terumbu karang di indonesia, terumbu karang terindah di indonesia, terumbu karang yang rusak