Madiun

Tertunda Sehari, 19 Tiang di Jalan Kampar-Kapuas Akhirnya Diamputasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Waswas pengendara melintas di Jalan Kampar-Kapuas berkurang. Tak kurang dari 12 tiang penerangan jalan umum (PJU) dan tujuh tiang telkom telah dipindahkan Jumat-Sabtu (15-16/11).

Thariq Megah menguraikan pemindahan belasan tiang itu sempat tertunda sehari. Lantaran, teknisi masih merampungkan pekerjaan di pekerjaan. Tanggungan pekerjaan PT Rajawali Raya itu akhirnya diselesaikan dua hari berikutnya. ‘’Sempat menunggu sehari, tapi kini sudah selesai dipindahkan,’’ tegas kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun, itu.

Thoriq pun memastikan, pemindahan belasan tiang itu telah melewati hasil kajian dari CV Karya 71 selaku konsultan pengawas proyek Rp 10 miliar tersebut. Semua instalasi terkait masuk dalam kriteria wajib untuk diamputasi. Adapun tiang listrik masuk dalam bahu jalan. ‘’Itu bagian dari utilitas sehingga tidak perlu dipindahkan karena tidak membahayakan,’’ lanjutnya.

Pantauan di lapangan Minggu (17/11), masih terdapat pekerja yang memindahkan tiang PJU. Juga, terlihat bekas cor tiang lama belum dibongkar. Terdapat mur baut bekas pasangan tiang. Itu membuat jalan tidak merata sehingga tetap membahayakan pengguna jalan. ‘’Itu akan kami komunikasikan dengan pihak ketiga,’’ tegasnya.

Semestinya, lanjut Thoriq, bekas beton untuk fondasi tiang ikut dibongkar. Diratakan dengan jalan sehingga tidak mengancam keselamatan pengendara. ‘’Itu masuk dalam pekerjaan perapian dan pembersihan,’’ urainya.

Sementara di selatan jalan masih terdapat beberapa tiang yang cukup menjorok ke tengah jalan. Dia memperkirakan tiang itu merupakan tiang listrik yang masuk dalam bahu jalan. Kalaupun tiang itu merupakan tiang Telkom ataupun PJU, pihaknya bakal menyampaikan hal itu ke konsultan pengawas dan pihak ketiga. ‘’Nanti perlu kami pastikan, apakah sudah dipindah semua atau belum,’’ janjinya.

Sampai saat ini, progres fisik peningkatan jalan Kapuas-Kampar mencapai 98 persen. Menyisakan perapian dan pembersihan di kedua lokasi. Total volume dari satu paket pekerjaan di dua jalan itu mencapai 1.050 meter. Perinciannya, Jalan Kapuas 470 meter dan 580 meter di Jalan Kampar. ‘’Apapun yang menjadi keluhan warga kami tampung dan segera ditindaklanjuti,’’ ucapnya. (kid/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button