KriminalitasNgawi

Tertipu Jual Beli Mobil Murah, Korban Merugi Ratusan Juta Rupiah

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Iming-iming dapat mobil dengan harga murah membuat Andi Frantrika keblinger. Warga Kelurahan Karang Tengah, Ngawi, itu jadi korban penipuan rekannya sendiri, Johana Kurniawan.

Dia yang sudah telanjur transfer uang ratusan juta, justru mobil kredit tak lunas yang datang. Pun, tak sesuai pesanan. ‘’Warna yang diminta berbeda, juga status mobil yang diberikan leasing alias masih kredit,’’ kata Kapolres Ngawi AKBP MB. Pranatal Hutajulu Selasa (3/9).

Kejadian tersebut terjadi pada Februari 2018 lalu. Saat itu, pelaku menawarkan mobil Honda Brio seharga Rp 140 juta pada korban. Nilainya tergolong murah dibandingkan dengan mobil sejenis. Korban yang mengetahui hal itu menerima tawaran pelaku. Dia mentransfer uang sebanyak 8 kali untuk angsuran. ‘’Setelah lama ditunggu akhirnya mobil datang, tapi tak sesuai pesanan,’’ ujarnya.

Parahnya, usai menyerahkan kendaraan, Johana hilang ditelan bumi. Berkali coba dihubungi, namun warga Kelurahan Ketanggi, Ngawi, itu tak menunjukkan batang hidungnya. Hingga korban memilih melaporkan kasus tersebut ke polres setempat. ‘’Kami tindak lanjuti dan lakukan lidik cukup lama,’’ tuturnya.

Dia mengamini pengungkapan kasus tersebut tergolong alot. Sebab, pelaku kabur ke Semarang, Jawa Tengah. Hingga Sabtu lalu (31/8), pelaku berhasil diamankan di tempat persembunyiannya. Selain mengamankan pelaku, beberapa barang bukti pun ikut disita, seperti Honda Brio D 1081 AFW yang diberikan ke korban hingga beberapa rekening dan surat perjanjian yang digunakan pelaku. ‘’Akan kami jerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun penjara,’’ jelasnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close