Ponorogo

Terpesona Keindahan Merak Ponorogo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kandang milik Edi Kurniawan di Gentan, Ngrupit, Jenangan, Ponorogo, serupa Taman Safari Indonesia. Di sana terpelihara puluhan merak dengan empat jenis berbeda. Ada merak biru; merak hijau; merak putih, ungu; dan leksodera.

Sebelum merak, Edi terlebih dahulu memelihara ayam hutan dan burung China di samping rumahnya. Tak disangka, banyak yang tertarik dan mendukung aktivitasnya. ‘’Sekarang sudah ada 21 kandang,’’ kata pria 43 tahun itu, Sabtu (28/8).

Sejak memelihara akhir 2018, Edi mengimpor sebagian meraknya dari India. Selain juga dari Indonesia. Di Ponorogo, hanya dia satu-satunya pemelihara merak. Bukan perkara mudah merawat 50 merak. Saban hari Edi mesti telaten membersihkan. Juga mengecek kesehatan setiap piaraan. Jika ada yang sakit, harus sigap mengobatinya. ‘’Merak itu ada tanda-tandanya kalau pas kurang sehat,’’ jelasnya.

Sebenarnya Edi sekadar menyalurkan hobi. Kebetulan didukung penuh oleh teman-temannya di Yayasan Reyog Ponorogo. Sehingga dibantu pengurusan izinnya. Dia pun belum berpikir memasok bulu merak untuk pembuatan Reyog. ‘’Sementara fokus membesarkannya dulu,’’ pungkasnya. (mg7/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button