Madiun

Teror Ular Sanca Kembang di Gedongan, Manguharjo

Dua Ditangkap Satu Terlepas

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Warga Gedongan, Manguharjo,  diteror ular sanca kembang. Pasalnya, satu dari tiga ekor yang ditangkap Sabtu lalu (22/2) itu lepas dan kabur. ‘’Kira-kira panjangnya empat meter dengan diameter sekitar 15 sentimeter,’’ kata Mustakim, salah seorang warga RT 26 RW 07, Manguharjo, yang menangkap ular tersebut Senin (24/2).

Penangkapan tiga ekor ular sanca kembang itu dilakukan hampir bersamaan. Penangkapan pertama Sabtu pagi (22/2) di Kali Semawur. Ular sanca itu tak bergerak karena kekenyangan setelah memangsa dua ekor ayam warga setempat.

Tak jauh dari lokasi pertama dan tidak berselang lama, muncul ular kedua di kanal dekat tempat wisata kuliner kampung. Sebenarnya, ular tersebut sempat diangkat dari kanal. Tapi, karena cukup besar, akhirnya terlepas dan kabur. ‘’Hingga sekarang belum ditemukan,’’ terangnya.

Malam harinya, di lokasi tak jauh dari sebelumnya, muncul seekor ular sanca berbeda. Karena agak agresif, warga terpaksa menggunakan senjata tajam untuk menangkapnya. Pun butuh waktu berjam-jam untuk menangkap ular dari kanal itu. ‘’Kami sudah menelepon bantuan 112, tapi tidak ada respons,’’ ungkapnya.

Dua ular yang berhasil ditangkap itu masing-masing panjangnya empat meter lebih. Dengan berat rata-rata 28 kilogram. Kedua ular tersebut saat ini masih diamankan warga di kandang kecil. ‘’Sebelumnya ular sering muncul tengah malam. Mengincar kandang ayam di sebelah kali,’’ jelasnya.

Mustakim berharap pihak terkait membantu menangkap ular yang diduga bersarang di kanal Manguharjo itu. Sebab, lokasinya di kawasan padat permukiman. Pun dekat kuliner kampung yang digadang-gadang jadi salah satu wisata Kota Madiun. Selain itu, banyak anak kecil yang sering mandi di kanal. ‘’Mulai kemarin, kami larang siapa pun mandi di kanal,’’ ujarnya. (mg3/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close