News

Termasuk Jenis Cerita Apakah Cerita Tak Pernah Ke Laut

×

Termasuk Jenis Cerita Apakah Cerita Tak Pernah Ke Laut

Share this article

Termasuk Jenis Cerita Apakah Cerita Tak Pernah Ke Laut – Oleh Matt Haig. Ceritanya tentang perpustakaan dengan berbagai buku, yang dengannya karakter utama, Nora Seed, dapat menjalani hidupnya dengan cara yang berbeda. Nora bisa melakukan itu

Jika dia telah membuat keputusan yang berbeda dalam cara dia menjalani hidupnya. Betapa serunya jika memang ada perpustakaan seperti itu?

Termasuk Jenis Cerita Apakah Cerita Tak Pernah Ke Laut

Nah, ternyata cerita fiksi hadir dalam berbagai jenis lho! Diantaranya yang sudah ada sejak zaman dahulu adalah fabel dan legenda. Tapi, sejarah

Cerita Rakyat Danau Toba Dan Fakta Dibalik Asal Usul Nya!

Itu bukan dongeng atau legenda, bukan? Cerita ini tergolong fiksi modern karena menceritakan kehidupan masa kini dengan tokoh manusia.

Nah, kalau bicara fabel dan legenda, ceritanya berbeda dengan cerita fiksi pada umumnya. Fabel bercerita tentang kehidupan binatang yang bertingkah laku dan bertingkah laku seperti manusia. Sedangkan legenda bercerita tentang kehidupan orang-orang yang hidup pada zaman dahulu dan mempunyai kekuatan magis tertentu atau dikaitkan dengan peristiwa magis tertentu yang dianggap nyata dan benar-benar terjadi.

Itu berarti sejarah. Fabel merupakan cerita fiksi yang tokohnya berupa binatang yang bertingkah laku dan mempunyai ciri-ciri seperti manusia, seperti dapat berbicara, berpikir, dan berpakaian. Fabel pada umumnya mengandung berbagai pesan moral yang dapat dipetik dan dijadikan pelajaran oleh pembaca dalam kehidupan sehari-hari.

Fabel mulai berkembang pada Abad Pertengahan dan sejak itu digunakan sebagai sarana pengajaran berbagai nilai moral kepada masyarakat, khususnya anak-anak. Kumpulan fabel dibuat oleh Marine de France pada akhir abad ke-12. Contoh fabel lain yang terkenal adalah cerita “Three Little Pigs” atau dalam bahasa Inggris berjudul “The Three Little Pigs”, yang ditulis pada akhir abad ke-18, namun kemungkinan lebih tua dari itu. Bahkan hingga saat ini, dongeng terus berkembang dalam berbagai bentuk, seperti buku cerita, serial, dan kartun.

Cerita Dongeng: Pengertian, Jenis, Ciri Ciri, Fungsi, Unsur & Contohnya

Suatu hari seekor merpati melihat sebatang sabun di sungai. Semut berjuang keras untuk berenang agar tidak tenggelam. Melihat hal tersebut, Merpati tak tinggal diam saja. Ia segera memetik sehelai daun dari pohon dan menjatuhkannya ke sungai di tempat laut hendak tenggelam.

Beberapa hari kemudian, Bibi yang sedang berjalan melihat temannya, seekor merpati, terbang dan duduk di dahan pohon. Tiba-tiba seorang pemburu datang dan langsung menodongkan senjatanya ke arah pencuri tersebut. Sabun yang ingin menyelamatkan merpati langsung menggigit kaki pemburu. Pemburu itu kesakitan dan senjatanya ditembakkan ke arah merpati. Merpati yang terkejut itu terbang dan melihat kaki temannya, Semut si Pemburu. Merpati-merpati itu pasti akan ditembak oleh para pemburu.

Baca Juga  Jenis Bahan Lunak

Pesan Moral: Berbuat baiklah kepada sesama dan biasakan saling membantu. Perbuatan baik pasti akan mendapatkan pahala yang baik.

Alkisah hiduplah seekor kelinci. Kelinci dapat berlari dengan sangat cepat. Dia bangga dengan keahliannya. Suatu hari kelinci melihat kura-kura dengan sangat lambat. Ketika dia melihat betapa lambatnya kura-kura itu berjalan, kelinci pun menertawakan kura-kura itu dan berkata, “Kamu berjalan sangat lambat ya, kura-kura! Ha ha ha..”

Jenis Jenis Cerita Fiksi Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui

Mendengar hal itu, kura-kura menjawab, “Rupanya kamu sangat bangga dengan kecepatanmu, hmm, kelinci. Bagaimana kalau kita berlomba dan melihat siapa yang sebenarnya bisa berlari lebih cepat?”

Perlombaan telah dimulai. Sesuai dugaannya, kelinci langsung berlari sangat kencang meninggalkan kura-kura yang berjalan perlahan. Meski tertinggal jauh, penyu tetap berusaha lari.

Beberapa saat kemudian kelinci menoleh untuk melihat di mana kura-kura berada. Rupanya penyu itu berjalan sangat lambat dan berada jauh di belakangnya.

“Akan memakan waktu lama bagi kura-kura untuk bisa menyusulku,” pikir Kancil. Kelinci memutuskan untuk beristirahat sejenak di bawah pohon. Bayangan pepohonan rindang membuat kelinci tertidur. Akhirnya kelinci pun tertidur di bawah pohon.

Cerita Fabel│bahasa Indonesia Kelas 7

Beberapa saat kemudian kura-kura berhasil sampai pada titik dimana kelinci tertidur pulas di bawah pohon. Saat melihat kelinci tertidur, kura-kura berusaha berjalan tanpa mengeluarkan suara agar kelinci tidak terbangun. Perlahan tapi pasti kura-kura berhasil melewati kelinci yang masih tertidur.

Ketika kelinci akhirnya terbangun, dia terkejut melihat kura-kura sudah sangat dekat dengan garis finis. Kelinci segera bangkit dan berlari dengan cepat.

Namun, usaha kelinci tersebut terbukti sia-sia. Turtle yang semakin mendekati garis finis akhirnya memenangkan perlombaan. Kelinci sangat kecewa. Semua hewan di hutan menyadari bahwa pemenang perlombaan adalah penyu yang berusaha mencapai garis finis.

Pesan Moral : Kita tidak boleh sombong dan menganggap remeh orang lain hanya karena kita mempunyai kemampuan yang lebih baik dari mereka, karena pada akhirnya kerja keras dan kegigihanlah yang bisa membawa kita pada kesuksesan.

Cerita Fiksi Berjudul Kelinci Putih

Suatu hari ada seekor rubah di hutan yang melihat seekor burung gagak terbang membawa sepotong daging di salju. Burung gagak kemudian duduk di dahan pohon. Rubah yang tadi pagi belum makan ingin mengambil dagingnya. Dia berlari ke bawah pohon tempat burung gagak itu duduk.

“Selamat siang, Nona Gagak sayang,” panggilnya. “Betapa cantiknya penampilanmu hari ini. Matamu terlihat cerah, mulutmu bersih dan bulumu berkilau.”

Mendengar pujian itu, Crow menunduk. Dia sangat senang karena rubah mengaguminya di sana. Melihat reaksi Crow, Fox melanjutkan rencananya. Dia lebih memuji para Gagak.

Baca Juga  Mengapa Raja Thalut Tidak Senang Kepada Nabi Daud

“Melihat penampilanmu yang luar biasa, aku yakin suaramu pasti lebih nyaring dibandingkan suara burung lain di hutan ini. Izinkan aku mendengarkan lagu darimu, Nona Gagak. Tentu saja terdengar sangat merdu!” kata rubah.

Ikan Mas Koki Yang Tak Pernah Menyerah

Dengan cepat, Crow meraba kepalanya dan bersiap untuk berbicara. Dia lupa ada daging di mulutnya. Potongan daging yang jatuh ke tanah segera diambil oleh rubah sementara burung gagak terus berkicau.

Ketika dia selesai bernyanyi dan rubah sudah jauh, burung gagak menyadari apa yang telah terjadi. Dia menyesal lengah hanya karena dipuji.

Pesan moral : Kita harus berhati-hati dan tidak boleh lengah, karena bisa jadi ada pihak yang ingin menguntungkan atau merugikan kita.

Itu artinya cerita rakyat. Legenda adalah cerita rakyat yang ada dalam kehidupan masyarakat dan umumnya dikaitkan dengan peristiwa sejarah tertentu. Peristiwa dalam cerita rakyat dapat memunculkan asal usul suatu tempat, nama suatu daerah atau topik yang berkaitan dengan alam dan lingkungan hidup.

Pengertian Sage, Ciri, Dan Contohnya Yang Populer Di Indonesia

Legenda biasanya menceritakan tentang tokoh, peristiwa atau tempat tertentu yang mengandung campuran fakta sejarah (sejarah) dan mitos. Hal inilah yang membuat cerita-cerita legendaris sering dianggap sebagai “sejarah” kolektif dan diyakini menceritakan peristiwa nyata yang benar-benar terjadi pada zaman dahulu kala.

Bagaimana menurut Anda contoh cerita legendaris yang pernah Anda baca sebelumnya? Atau apakah Anda lupa legenda mana yang pernah Anda baca? Kalau lupa, yuk baca beberapa contoh legenda berikut ini!

Dahulu kala, di Padang, Sumatera Barat, tepat di Desa Pantai Air Manis, hiduplah seorang janda bernama Mande Rubayah. Ia mempunyai seorang putra bernama Malin Kundang. Malin sangat menyayangi ibunya. Karena sejak kecil Malin Kundang ditinggalkan oleh ayahnya.

Malin dan ibunya tinggal di desa nelayan. Ibunya sudah tua. Ia hanya bekerja sebagai penjual kue. Ketika sudah dewasa, Malin berpamitan kepada ibunya untuk pergi ke luar negeri. Saat itu memang ada kapal besar di Pantai Air Manis. Meski dengan berat hati, Mande Rubayah akhirnya melepaskan anaknya.

Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Yang Lucu & Edukatif

Hari-hari berlalu dengan lambat bagi Mande Rubayah. Setiap pagi dan sore, Mande Rubayah memandangi laut. Saat ada ombak besar dan badai datang ke pantai, dadanya berdebar kencang. Ia mengangkat tangannya sambil berdoa agar putranya selamat dalam perjalanan.

Ketika kapal datang, dia selalu menanyakan anaknya. Namun, tidak ada satu pun awak kapal atau kapten yang memberikan jawaban memuaskan. Malin tidak pernah meninggalkan barang atau pesan pada ibunya.

Baca Juga  Apa Yang Kamu Pelajari Hari Ini

Hal itu dilakukan Mande Rubayah setiap hari selama bertahun-tahun. Tubuhnya menjadi tua seiring bertambahnya usia. Saat dia berjalan, dia mulai membungkuk.

Malin sudah berbulan-bulan tidak datang menemuinya. Namun ia yakin suatu saat Malin pasti akan kembali.

Apa Itu Cerita Rakyat

Keinginannya telah terpenuhi. Suatu hari sebuah kapal indah terlihat dari kejauhan di tepi pantai. Kapal itu megah dan bertingkat. Penduduk desa mengira kapal itu milik sultan atau pangeran. Mereka menyambutnya dengan gembira.

Saat kapal mulai mendidih, sepasang muda-mudi terlihat di anjungan. Pakaiannya bersinar di bawah sinar matahari. Wajah mereka cerah dengan senyuman. Mereka bergembira ketika disambut dengan meriah.

Mande Rubayah pun menyetir untuk melihat kapal tersebut dan datang. Jantungnya berdebar kencang. Ia yakin betul bahwa pemuda itu adalah anak kesayangannya, Malin Kundang. Sebelum penduduk desa sempat menyapanya, ibu Malin datang menemui Malin terlebih dahulu. Ia segera memeluk Malin dengan erat. Jika takut kehilangan anaknya lagi.

Malin terheran-heran karena ia didandani oleh wanita tua yang berpakaian compang-camping itu. Dia tidak percaya bahwa wanita itu adalah ibunya. Seingat Malin, ibunya adalah seorang wanita kuat yang cukup kuat untuk menggendongnya kemanapun.

Contoh Cerita Fabel Singkat Beserta Pesan Moralnya

Belum sempat ia berpikir tenang, istrinya yang cantik itu meludah dan berkata, “Cih! Apakah wanita jahat ini ibumu? Kenapa kamu membohongiku?”

Malin Kundang mendengar perkataan istrinya dan mendorong wanita itu hingga terguling di pasir. Mande Rubayah tak percaya dengan perlakuan anaknya. Ia tersungkur dan berkata, “Malin, Malin, anakku. Aku ibumu, Nak!”

Malin Kundang tidak menghiraukan perkataan ibunya. Pikirannya bingung dengan perkataan istrinya. Jika wanita itu benar-benar ibunya, dia tidak akan mengakuinya. Dia malu pada istrinya. Saat wanita itu memeluk kakinya, Malin menamparnya dan berkata, “Hei, wanita tua! Ibuku tidak seperti kamu! Semuanya dan kotoran!”

Wanita tua itu sedang berbaring di pasir. Mande Rubayah pingsan dan terbaring sendirian. Saat sadar, Pantai Air Manis sudah sepi. Di tengah laut ia melihat kapal Malin semakin jauh. Hatinya terasa seperti ditusuk. Dia mengangkat tangannya ke langit. Ia kemudian berseru dengan hati yang sedih, “Ya Tuhan Yang Maha Esa, seandainya dia bukan anakku, aku akan memaafkan perbuatannya. Namun jika dia benar-benar anakku, Malin Kundang, aku mohon keadilan dariMu ya?

Narrative Text: Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Dan Contoh

Karaoke tak pernah, monata tak pernah, tak pernah, cermin tak pernah berdusta, tak pernah terpikirkan olehku, kehidupan tak pernah berakhir, rita sugiarto tak pernah, tak pernah padam lirik, aku tak pernah meminta, aku tak pernah bisa, dangdut tak pernah, tak pernah koplo