Ngawi

Terkait Rencana PDIP Ajukan PAW, Pengganti Boleh Lompat Dapil

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Rencana PDIP Ngawi mengajukan penggantian antarwaktu (PAW) anggotanya di DPRD setempat yakni Dwi Rianto ’’Antok’’ Jatmiko tampaknya bakal berjalan mulus. Pun, jika partai berlambang kepala banteng moncong putih itu mengusulkan nama calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan lain. ‘’Tak masalah, yang penting tidak bertentangan dengan peraturan,’’ kata Komisioner KPU Ngawi Aman Rido Hidayat Rabu (2/9).

Rido mengungkapkan, proses PAW anggota DPRD diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2019. Dalam peraturan itu disebutkan bahwa partai diperbolehkan mengusulkan nama anggota barunya ke DPRD setempat beberapa bulan setelah anggota lama mundur atau berhenti karena berhalangan tetap. ‘’Kalau PDIP mau mengusulkannya setelah pilkada atau sekitar tiga bulan ke depan tidak masalah,’’ ujarnya.

Begitu juga terkait calon penggantinya yang lompat dapil, kata dia, juga diperbolehkan. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya, caleg dari dapil yang sama dengan perolehan suara di bawahnya berhalangan. ‘’Misalnya sudah tidak menjadi anggota partai atau menyatakan tidak sanggup menjadi PAW dan sebagainya,’’ sebut Rido.

Jika itu terjadi, partai bisa menunjuk caleg dari dapil lain yang memenuhi kriteria. Pun, dapilnya harus bersinggungan dengan dapil asal anggota DPRD yang mengundurkan diri atau berhenti. ‘’Jumlah penduduk juga dipertimbangkan. Misalnya ada beberapa dapil yang berdekatan, nanti yang dipilih yang penduduknya paling banyak,’’ paparnya.

Rido menambahkan, KPU bakal memastikan dulu ada tidaknya caleg di dapil yang sama menjadi PAW. Jika tidak ada caleg yang sanggup, partai baru boleh mencari dari dapil lain. Kendati demikian, dalam proses PAW itu KPU sifatnya hanya pasif. Artinya, sebatas merespons jika mendapat tembusan dari DPRD. ‘’Jadi, usulan PAW nanti ditujukan ke lembaga (DPRD, Red). Kami akan bertindak termasuk melakukan klarifikasi setelah ada surat dari DPRD,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close