Madiun

Terdampak Peceland, Bedol Pasar Pon ke Tawangrejo

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Riwayat pasar hewan di Koci, Nambangan Lor, Manguharjo, Kota Madiun, segera tamat. Pemkot berencana memindahkan Pasar Pon, nama pasar hewan itu, ke lokasi lain. Selain untuk sterilisasi permukiman dari limbah, juga karena terdampak pembangunan Peceland yang akan dimulai tahun depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Suwarno mengatakan, bedol pasar itu berbarengan dengan rumah pemotongan hewan (RPH) di Nambangan Kidul, Manguharjo. Lokasi baru di Tawangrejo, Kartoharjo. ‘’Bekas lokasi pasar hewan Koci itu akan dijadikan tempat parkir bus pengunjung Peceland,’’ kata Suwarno Rabu (11/12).

Dia belum bisa memastikan luas lahan yang dibutuhkan untuk relokasi pasar hewan itu. Lokasinya memanfaatkan tanah eks bengkok. Sebab, lahan aset pemkot di Tawangrejo banyak.

Langkah awal, penataan jalan inspeksi mulai dikerjakan tahun depan. Setelah pembuatan feasibility study selesai. Konsep pasar hewan tersebut jadi satu dengan RPH. ‘’Sudah ada gambaran dari hasil studi kelayakan lokasinya di situ (Tawangrejo, Red),’’ terangnya.

Suwarno juga belum bisa memerinci anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan pasar hewan baru tersebut. Alasannya, masih ada sejumlah hal yang mesti dilalui. ‘’Setelah studi kelayakan, masih ada masterplan. Selanjutnya konstruksi bangunannya. Semua harus dilalui step by step,’’ ujarnya. (her/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button