Ngawi

Terdampak Pandemi, Rekrutmen CPNS Pemkab Ngawi Terganjal Dana

NGAWIJawa Pos Radar Ngawi – Warga yang ingin menjadi aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Ngawi harus gigit jari lagi. Sebab, rencana pemkab setempat menggelar rekrutmen CPNS tahun ini kemungkinan besar gagal terwujud. ”Karena anggarannya tidak ada,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Ngawi Sumarsono Senin (22/6).

Sumarsono menuturkan, tahun ini sebenarnya BKPP sudah menganggarkan biaya untuk rekrutmen CPNS senilai Rp 1,3 miliar. Pun pihaknya telah mengusulkan formasinya ke pemerintah pusat beberapa bulan lalu. ‘’Tapi, karena ada rasionalisasi anggaran yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 ini, beberapa kegiatan terpaksa ditunda,” ujarnya.

Mantan sekretaris BKPP Ngawi itu menyebut, sekitar 50 persen anggaran BKPP terpaksa dikembalikan ke kas daerah terkait rasionalisasi tersebut. Hal itu mengakibatkan sejumlah kegiatan tidak dapat dilaksanakan. Termasuk rekrutmen CPNS tahun ini.

”Kecuali kalau nanti pemerintah pusat sudah memutuskan untuk membuka seleksi CPNS tahun ini. Kami akan konsultasi lagi dengan bupati, mungkin (anggaran seleksi CPNS 2020) bisa diambilkan lagi melalui APBD perubahan,” paparnya.

Meski begitu, Sumarsono pesimistis rekrutmen CPNS bisa digelar tahun ini. Pasalnya, kabar keran rekrutmen abdi negara dari pemerintah pusat hingga kini belum ada kejelasan. ”Untuk seleksi CPNS 2019 kan baru sampai tahap pertama. Tahapan selanjutnya kapan digelar juga belum jelas,” ujarnya. ”Kami masih menunggu tahapannya dari pemerintah pusat seperti apa,” imbuhnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button