Ponorogo

Terdampak Korona, Ratusan Karyawan Dirumahkan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pandemi korona berdampak pada sektor perekonomian di Ponorogo. Seperti tutupnya sejumlah tempat perbelanjaan yang ada. Di Ponorogo City Center (PCC), misalnya. Puluhan pemilik tenant di pusat perbelanjaan tersebut terpaksa menutup gerainya karena lesunya perputaran ekonomi saat pandemi. ‘’Sudah ada 72 tenant yang tutup,’’ kata General Manager PCC Eric Pramono Minggu (26/4).

Eric menyebut, ada sekitar seratus tenant di PCC. Tapi, sejak wabah korona melanda, beberapa tenant itu memutuskan tutup lantaran sepi pembeli. ‘’Tutupnya tidak serentak, tapi bertahap. Dari Maret sampai awal April ini masih ada beberapa yang tutup,’’ terangnya.

Eric tak menampik, berhenti beroperasinya puluhan tenant itu berimbas pada dirumahkannya para karyawan. Termasuk tenaga outsourcing seperti cleaning service, sekuriti, dan parkir ikut dikurangi. ‘’Ada yang pengurangan jam kerja, ada yang dirumahkan,’’ ungkapnya.

Sementara, berdasarkan data disnaker setempat, tercatat lebih dari 500 karyawan sejumlah perusahaan terpaksa dirumahkan karena terdampak pandemi Covid-19. Mayoritas perusahaan itu bergerak di industri jasa. Seperti perhotelan, UMKM, dan koperasi simpan pinjam. ‘’Data ini terus mengalami perkembangan. Walaupun di Ponorogo tidak ada perusahaan besar, tapi usaha-usaha kecil pun ada yang merumahkan karyawannya,’’ kata Kepala Disnaker Ponorogo Bediyanto.

Menurut Ibed, sapaan Bediyanto, ini merupakan force majeure. Karena itu, antara perusahaan dan karyawan harus melihat perjanjian kerja mereka. Termasuk dalam memenuhi kewajiban serta hak selama pandemi.

Semisal, ada perusahaan yang tak mampu membayar honor karyawannya selama dirumahkan. Menurut Ibed, itu tidak masalah asalkan diatur dalam perjanjian kerja. ‘’Termasuk tunjangan hari raya (THR) itu sesuai kesepakatan dengan karyawan. Prinsipnya tidak ada gejolak di Ponorogo. Dan, semua pihak harus saling mengerti dalam situasi seperti sekarang ini,’’ ujarnya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close