News

Tentukan Volume Bola Jika Diketahui Keliling Bola 132 Cm

×

Tentukan Volume Bola Jika Diketahui Keliling Bola 132 Cm

Share this article

Tentukan Volume Bola Jika Diketahui Keliling Bola 132 Cm – Sebuah catatan penting. Pemeliharaan server terjadwal (GMT) pada hari Minggu, 26 Juni mulai pukul 02.00 hingga 08.00. Situs ini tidak aktif pada waktu yang ditentukan!

2. Tentukan panjang elemen kerucut yang ditinjau! t =? r=? t =? t = 10 m 10 m 16 cm V = 300π m3 V = 120π m2 L = 180π cm2 a. B. C. r=? 15 cm 16 cm 15 dm 12 dm t=? t =? L = 225π cm2 V = 150π cm3 d. d.e.3.Tumpeng. Suatu hari Pak Budi membuat acara pindah rumah berukuran 8 cm, Pak Budi memesan tumpeng. Tumpeng tersebut mempunyai diameter 36 cm dan tinggi 24 cm, namun pada awal acara Pak Budi memotong bagian atas tumpeng tersebut secara mendatar hingga tinggi 8 cm.Berapa luas permukaan dan volume tumpeng tersebut? sisa tumpengnya? 4. Sebuah kerucut mempunyai jari-jari 6 cm dan tinggi t cm, jika luas permukaan kerucut adalah A cm2 dan volume kerucut adalah A cm3, maka tentukan: a. Nilai t. B. Dan kelas 294 IX. kelas SMP/MT

Tentukan Volume Bola Jika Diketahui Keliling Bola 132 Cm

5. Ada bangun datar yang diperoleh dari dua kerucut berbentuk kerucut. Kerucut yang lebih besar mempunyai jari-jari 10 cm dan tinggi 24 cm, jari-jari kerucut kecil adalah setengah jari-jari kerucut besar. Tinggi kerucut kecil sama dengan ½ tinggi kerucut besar (lihat gambar di bawah) 10 cm 24 cm Tentukan: a. permukaan, b. volume. 6. Bagian kerucut. Misalkan ada kerucut yang berjari-jari r cm dan panjang t cm, selanjutnya kita buat potongan kerucut dari kerucut tersebut dengan cara memotong kerucut menjadi dua bagian dari atas ke bawah (lihat gambar samping). Tentukan rumus menghitung luas bagian berbentuk kerucut. 7. Analisis kesalahan. Budi menghitung volume kerucut yang diameternya 10 cm dan tinggi 12 cm, Budi menghitung V = 1 (12)2 (10) = 480 3 Jadi volume kerucut adalah 480 cm3. Identifikasi kesalahan Buddha. 8. Dari karton berukuran 1 m×1 m, Lisa membuat kotak berbentuk kerucut dengan jari-jari r cm dan tinggi t cm. Apakah Lisa dapat membuat kisi-kisi tersebut jika r = 40 cm dan t = 30 cm? Nyatakan alasan Anda. B. Apakah Lisa dapat membuat kisi-kisi tersebut jika r = 30 cm dan t = 40 cm? Nyatakan alasan Anda. PASANGAN 295

Matematika Bg Kls Xi

9. Kerucut miring. Gambar di bawah menunjukkan dua bentuk sisi melengkung. Gambar di sebelah kiri adalah kerucut dengan jari-jari r dan tinggi t. Gambar sebelah kanan adalah bangun datar yang sisi-sisinya melengkung yang diperoleh dari kerucut sebelah kiri dengan cara menggeser alasnya ke sebelah kanan, yang selanjutnya disebut kerucut miring. Jari-jari kerucut miring adalah r dan tingginya t. tt r a. Tentukan rumus volume kerucut miring. B. Apakah volume kerucut miring sama dengan volume kerucut? Jelaskan analisis Anda. A 10. Perhatikan kerucut dari samping. Jika segitiga ABC adalah segitiga sama sisi dengan panjang sisi d cm, tentukan luas permukaan dan volume kerucut. B dC 5.3 Bola Pertanyaan penting Tahukah anda bagaimana cara menurunkan rumus luas permukaan dan volume bola? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menemukan dan memahami jawaban atas pertanyaan di atas. 296 IX. kelas SMP/MT

Baca Juga  Fungsi Musik Dalam Senam Irama Adalah Untuk....

Tugas 1. Menentukan luas bola dengan menggunakan eksperimen. Lakukan kegiatan ini dalam kelompok yang terdiri dari 3-5 orang. Alat atau alat persiapan: 1. Tiga buah bola plastik kecil 4. Pensil dan penggaris 2. Gunting 5. Karton 3. Benang 6. Lem. Langkah-langkah kegiatan ini adalah sebagai berikut. 1. Keluarkan salah satu bola. Dengan menggunakan penggaris dan benang, hitung keliling bola yang Anda buat. Jari-jari bola dapat diperoleh dari sebuah lingkaran. 2. Buatlah beberapa lingkaran pada karton dengan jari-jari yang diperoleh pada langkah 1. 3. Guntinglah semua lingkaran yang telah anda buat. 4. Potong bola-bola yang sudah disiapkan dan potong kecil-kecil. 5. Ambil salah satu lingkaran dan rekatkan potongan bola ke lingkaran tersebut. (Usahakan untuk tidak menutupi bagian pedang). Jika sudah penuh, ambil satu putaran lagi dan tempelkan potongan bola pada putaran kedua. Ulangi sampai potongan bola habis. 6. Dari langkah 5 kita dapat menyimpulkan bahwa luas permukaan bola sama dengan … dikalikan luas lingkaran dengan jari-jari yang sama. 7. Ulangi langkah 1-6 untuk konfirmasi. melangkah dengan bola kedua dan ketiga. Tugas 2 Menurunkan rumus luas permukaan bola Diskusi Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman sekelasmu. . Apakah bola tersebut mempunyai jaring? B. Bagaimana cara menentukan luas permukaan bola? MATIUS 297

Kemudian baca dan pahami informasi di bawah ini. Tahukah kamu? Dalam karyanya “On Spheres and Cylinders”, Archimedes menyatakan bahwa “untuk setiap silinder yang jari-jarinya sama dengan jari-jari bola, dan tingginya sama dengan diameter bola, maka luas permukaan tabung adalah sebesar luas bola adalah 3/2 luas permukaan bola. r 2r r r r Dengan kata lain perbandingan luas permukaan bola berjari-jari r dengan luas permukaan silinder berjari-jari r dan tinggi 2r adalah 2:3. Kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini. C. Bagaimana cara menentukan luas permukaan bola berdasarkan informasi di atas? Pada kegiatan ini Anda akan diberikan rumus menghitung luas bola dengan membandingkannya dengan luas silinder. Bentuknya ada dua: a. Sebuah pipa berjari-jari R dan tinggi 2r. B. Sebuah bola berjari-jari R. Sekarang lakukan hal berikut. 1. Hitung luas pipa. Anda mungkin masih ingat rumus menghitung luas silinder. Catat hasilnya. Ltub = … 2. Kemudian berdasarkan pernyataan Archimedes diperoleh rumus untuk menghitung luas bola. Lbola = 2 × Ltube 3 = … = … 298 IX. kelas SMP/MT

Baca Juga  Malam Cetak Memiliki Warna

Tugas 3.Menentukan volume bola dengan menggunakan eksperimen. Lakukan aktivitas ini secara berkelompok. Siapkan bola plastik, alat tulis, penggaris, karton, cutter dan pasir. . Ukur keliling bola lalu hitung panjang jari-jarinya. B. Buat dua tabung terbuka dari karton yang sudah disiapkan. Jari-jari tabung terbuka sama dengan jari-jari bola plastik, dan tinggi tabung terbuka sama dengan diameter bola plastik. C. Gunakan pemotong untuk membuat lubang pada bola plastik. D. Isi bola plastik berlubang dengan pasir hingga penuh. d.Kemudian pindahkan semua pasir melalui bola ke dalam tabung terbuka. Ulangi langkah ini sampai kedua tabung terisi penuh. f. Berapa kali anda mengisi dua pipa sampai penuh dengan peluru? d.Dengan menggunakan hasil (f), tentukan perbandingan volume bola dengan volume silinder. Kegiatan 4 Memperoleh rumus volume bola Kerjakan kegiatan ini secara individu. Pada kegiatan 3, jari-jari silinder adalah r dan tingginya 2r. Hitung volume silinder dan gunakan hasil Kegiatan 3 untuk menentukan rumus menghitung volume bola. … Vball = … Vtube = … = … MATEMATIKA 299

Contoh Soal Pilihan Ganda Kelas Dua Sd

Materi Inti 5.3 Bola Pengertian Bola: Bola adalah bangun datar yang dibentuk oleh lingkaran-lingkaran tak hingga yang berjari-jari sama dan berpusat pada satu titik. Bola hanya mempunyai satu sisi, yaitu sisi yang melengkung. Bola dapat dibentuk dengan cara memutar/memutar setengah lingkaran sebesar 360° yang diameternya merupakan sumbu rotasi. Benda berbentuk bola dalam kehidupan sehari-hari adalah bola olahraga (sepak bola, bola basket, bola voli, dll), bola, bola dunia, dll. Luas permukaan bola: r Luas permukaan bola sama dengan 4 kali luas lingkaran yang jari-jarinya sama atau sebagai: r V = 4 πr3 3 300 IX. kelas SMP/MT

Baca Juga  Teknik Untuk Membuat Papan Iklan Visual Adalah

Contoh 1. Perhitungan luas permukaan bola. Hitung luas permukaan lateral bola. 10 cm Alternatif penyelesaian: Diameter bola lateral adalah 10 cm, jadi jari-jarinya r = 5 cm. Rumusnya adalah L = 4πr2 untuk luas permukaan bola = 4π(5)2, substitusikan r = 100π . Jadi bola tersebut mempunyai luas 100π cm2. Contoh 2. Menghitung jari-jari bola jika diketahui luasnya. Hitung jari-jari bola pada halaman tersebut. L = 441 m2. Alternatif penyelesaian: Luas permukaan lateral bola adalah L = 441 m2. Rumus L = 4πr2 untuk permukaan bola 441π = 4πr2 menggantikan nilai L 441 = 4r2 dibagi π pada kedua sisi 21 = 2r = r → r = 10,5 Jadi, jari-jari bola adalah 10,5 cm Contoh 3. Perhitungan bola kepadanya. Hitunglah volume bola pada sisinya. r = 12 m Alternatif penyelesaian: jari-jari lateral bola adalah r = 12 m V = 4 πr3 rumus volume bola 3 = 4 π(12)3 substitusikan nilai r 3 = 4 π(1.728) 3 = 2.304π Luas bola sama dengan 2.304π m3. MATEMATIKA 301

Contoh 4. Menghitung jari-jari bola jika volumenya diketahui. Hitung jari-jari bola pada sisinya. L = 288 m3 Alternatif penyelesaian: volume bola pada sisi V = 288 m3 V = 4 πr3 rumus volume bola 3 288π = 4 πr3 nilai pengganti V 3 216 = r3 kedua sisi dikalikan 3 4π 6 = r Jari-jari bola 6 m . Tinjauan 1. Mari kita kembali ke soal pada Contoh 1. Jika jari-jarinya digandakan, berapa kali luasnya? Secara umum, jika kita mengubah jari-jari menjadi kelipatan (a > 0), berapa kali luasnya? 2. Perhatikan kembali soal contoh 2. Jika luasnya digandakan, berapa kali jari-jarinya? Secara umum, jika luas diubah menjadi kelipatan (a > 0), berapa kali

Rumus keliling lingkaran jika diketahui luasnya, jika tombol volume hp rusak, cara mencari tinggi kerucut jika diketahui volume dan jari jari, keliling lingkaran 21 cm, berapa berat badan ideal jika tinggi 175 cm, jika tinggi badan 173 cm hitunglah berat badan ideal tersebut, tentukan volume bola berikut, cara mencari tinggi kerucut jika diketahui volume, ukuran cincin keliling 6 cm, ukuran cincin keliling 7 cm, cara menghitung luas tanah jika diketahui keliling, rumus volume tabung jika diketahui diameter