Pacitan

Tenaga Medis RSUD dr Darsono Berstatus PDP

Tetap Di-Swab meski Rapid Test Nonreaktif

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Seorang tenaga medis yang menangani pasien positif Covid-19 di RSUD dr Darsono mesti dikarantina. Pasalnya, yang bersangkutan ditengarai terpapar korona. Dia mengalami gejala batuk dan pilek. ‘’Saat ini kami lakukan tes swab kepada petugas kesehatan tersebut dan kita isolasi,’’ kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto Minggu (26/4).

Tes lanjutan tetap pihaknya lakukan sebagai antisipasi. Kendati hasil rapid test tenaga medis tersebut dinyatakan nonreaktif. ‘’Saat ini petugas kesehatan tersebut sudah off sementara dan menjalani karantina mandiri di rumah,’’ terang mantan kadinkes tersebut.

Rahmad menyatakan, kini status tenaga kesehatan itu adalah pasien dalam pengawasan (PDP). Perkembangan kondisi kesehatannya bakal diawasi secara berkala selama menjalani karantina mandiri. ‘’Karena yang bersangkutan kooperatif, tinggal kami tunggu hasil PCR-nya,’’ ujar Rahmad.

Selain tenaga kesehatan itu, ada sepuluh PDP lainnya yang dipantau. Tiga PDP di antaranya dinyatakan negatif Covid-19 setelah hasil tes swab mereka keluar. Sementara lainnya masih menjalani isolasi di rumah sakit atau karantina mandiri di rumah. ‘’Kami masih menunggu hasil swab beberapa PDP,’’ tutur pria yang juga menjabat kepala diskominfo tersebut.

Di sisi lain, pihaknya menyatakan telah berhasil melakukan penelusuran terhadap sejumlah santri yang berasal dari pondok pesantren (ponpes) di Temboro, Kecamatan Karas, Magetan. Data sementara yang tercatat ada 28 santri.

Dalam waktu dekat mereka semua akan di-rapid test. Tes cepat itu juga diberlakukan bagi keluarga para santri tersebut. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat tidak panik. ‘’Secara keseluruhan ada sekitar 60 sampel yang akan diambil untuk meninjau penularan. Mereka tersebar di 12 kecamatan di Pacitan. Saat ini kami sedang berusaha mendata,’’ tandasnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close