Madiun

Temukan Sturktur Batu Kuno di Demangan, BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur turun gunung. Mereka melakukan ekskavasi benda diduga bernilai sejarah di Jalan Setinggil, Kelurahan Demangan, Taman. ”Kebetulan Pemkot Madiun meminta kami menelusuri temuan benda arkeologi yang banyak ditemukan di daerah sini,” kata Andi Muhammad Said, pamong budaya ahli madya BPCB Jatim, Selasa (14/9).

Benda diduga mengandung nilai sejarah di Jalan Setinggil itu berupa struktur bata dan batu gilang. Sebagian warga setempat meyakini terdapat semacam struktur bangunan terpendam di tanah sekitar lokasi ekskavasi. ‘’Tapi, kami belum memastikan karena memang belum terlihat,” tutur Andi.

Proses ekskavasi dilakukan dengan menggali dua petak tanah berukuran sekitar 2×2 meter. Sementara, kedalamannya tidak mengacu ukuran tertentu lantaran masih akan dilihat terlebih dahulu gejala temuannya. ‘’Arkeologi itu kan melihat lapisan tanah. Dari situ bisa dilihat pernah digali atau tidak,” bebernya.

Bebatuan diduga bernilai sejarah juga ditemukan di sekitar rumah warga tak jauh dari lokasi ekskavasi. Namun, Andi belum bisa memastikan apakah hal itu menandakan bahwa di lokasi tersebut dulu terdapat bangunan suci maupun candi. ‘’Perlu penelitian lebih mendalam,’’ ujarnya. (irs/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button