Madiun

Temukan Minibus Angkut Pemudik, Kendaraan Diamankan, Penumpang Diturunkan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Larangan mudik Lebaran ternyata masih diabaikan oleh masyarakat. Seperti yang terjadi di perempatan Dumpil. Petugas mendapati dua minibus mengangkut puluhan pemudik yang hendak pulang kampung Sabtu malam lalu (16/5).

Dua kendaraan yang melaju dari arah Subaraya itu kemudian dihentikan. Seluruh penumpang yang ada di dalam minibus diminta keluar. Mereka selanjutnya dilakukan pemeriksaan medis. Para pemudik itu juga mendapat teguran dari petugas.

Kasatlantas Polres Madiun AKP Jimmy Heryanto mengatakan, para pemudik itu diangkut dengan dua minibus berbeda. Adalah Toyota Dyna nopol AD 1193 HG yang pertama terjaring razia. Minibus yang disopiri oleh Rudi Firdaus, 31, warga Desa Sempukerep, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, itu diketahui hendak masuk tol Madiun. ‘’Minibus itu mengangkut 14 penumpang dengan tujuan Wonogiri,’’ kata Jimmy Minggu (17/5).

Tak berselang lama petugas kembali mendapati minibus lainnya yang juga mengangkut 11 orang pemudik tujuan Ngawi. Minibus bernopol AE 7068 MC tersebut dikemudikan oleh Sudaryoni, 31, warga Karanganyar, Ngawi. ‘’Semuanya kami lakukan pemeriksaan suhu badan,’’ ujarnya.

Setelah proses itu dilalui, selanjutnya mereka diperbolehkan pulang dengan naik taksi online. Sementara dua minibus yang mereka tumpangi diamankan petugas dan sopirnya dikenai sanksi tilang.

Jimmy mengatakan, pengawasan terhadap mobilitas masyarakat memang diperketat menjelang Lebaran. Jika pada awal-awal hanya berupa imbauan, kini pengawasan disertai dengan sanksi dan teguran. ’’Tidak ada toleransi lagi bagi yang melanggar,’’ tegasnya. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close