Ponorogo

Temukan Kaskado, Hewan Kurban Harus Sehat

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sejumlah hewan ternak yang diperjualbelikan di pasar hewan Jetis, Ponorogo, berpenyakit. Di antaranya kaskado. ‘’Itu penyakit pada sapi,’’ kata Kasi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dipertahankan) Ponorogo drh Wikan Dedi Astuti Kamis (16/7).

Tanda-tandanya, ada luka di sekitar mata atau dermatitis. Penyebabnya, infestasi cacing dan ditularkan melalui vektor lalat. Menurut Wikan, penyakit ini relatif bisa disembuhkan dengan obat semprot ke mata sapi. ‘’Harus segera diobati,’’ ujarnya.

Sebab, hewan ternak tersebut (terutama sapi) akan segera diperdagangkan untuk kurban Idul Adha akhir Juli ini. Sebelum disembelih, sapi wajib sehat. ‘’Karena tinggal dua pekan lagi,’’ sebutnya.

Wikan minta pedagang lebih memperhatikan kesehatan hewan ternaknya. Pengecekan kesehatan dan kesiapan hewan ternak perlu dilakukan. Misalnya, powel atau tanggalnya gigi. ‘’Sapi yang tubuhnya sudah besar belum tentu siap untuk kurban karena giginya belum tanggal,’’ urainya.

Di pasar hewan Jetis, transaksi jual beli mulai menggeliat. Marsun, salah seorang belantik sapi asal Siman, menyebut penjualan per pekan ini mulai meningkat. Namun, tak sebanding dengan tahun lalu. ‘’Di masa pandemi korona ini sedikit lesu. Tidak ada hajatan, sapi ternak (pedaging, Red) anjlok. Dibanding tahun lalu harganya turun jauh,’’ ungkapnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close